Alhamdulillah, kepedulian dan kepercayaan masyarakat terus meningkat.
Surabaya (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) PWNU dan PCNU se-Jawa Timur menyerahkan donasi sebesar Rp2,6 miliar untuk Palestina ke Pengurus NU Care-Lazisnu PBNU di Surabaya, Rabu.

Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar saat melakukan penyerahan secara simbolis mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh Jatim, khususnya warga NU, yang telah mempercayakan donasinya kepada Lazisnus.

"Selain berdonasi, saya mengajak masyarakat untuk terus mendoakan saudara-saudara kita di Palestina agar mendapat pertolongan dari Allah SWT," kata Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Malang itu.

Kiai Marzuqi juga mengajak masyarakat yang belum menyalurkan donasi, segera menyalurkan donasinya kepada Pengurus Lazisnu baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa atau kelurahan.

Baca juga: Putin tuding AS bertanggung jawab atas eskalasi konflik di Gaza

Baca juga: Presiden China serukan gencatan senjata di Gaza


Nantinya donasi akan kembali disetorkan kepada Lazisnu PBNU pada tahap kedua.

"Kita umat Rasulullah, warga Palestina juga umat Rasulullah. Bahkan mereka dulu sangat mendukung kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan RI. Maka tidak baik kalau kita sebagai warga Indonesia atau sebagai kaum Muslim tidak peduli pada Palestina," katanya.

Senada dengan itu, Pengurus Lazisnu PBNU H. Ending Syarifudin juga mengapresiasi penggalangan donasi masyarakat Jawa Timur yang tahap pertama ini mencapai Rp2 miliar lebih.

Ia menegaskan bahwa kepedulian pada Palestina bukan hanya persoalan keagamaan melainkan ini berkaitan dengan urusan kemanusiaan.

Hingga saat ini, kata Ending, Lazisnu telah menyalurkan donasi kepada warga Palestina dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan bersamaan dengan pengiriman bantuan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan sejumlah lembaga sosial pada awal November silam di antaranya dalam bentuk pakaian musim dingin dan selimut.

"Kemudian pada pertengahan November, Lazisnu kembali menyalurkan donasi tahap kedua bekerja sama dengan lembaga sosial lokal Palestina dalam bentuk makanan sehat siap saji, bahan makanan pokok, paket alat kebersihan dan kesehatan serta air bersih. Insya Allah beberapa hari lagi kami akan kirim lagi bantuan tahap ketiga," ujar Ending.

Ketua NU Care-Lazisnu PWNU Jawa Timur Ahmad Afif Amrullah menambahkan penghimpunan dana kemanusiaan pada tahap pertama ini bersumber dari masyarakat yang mempercayakan donasinya kepada pihaknya. Sebagian juga berasal dari para pelajar, guru dan santri lembaga pendidikan dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

“Saat penyerahan secara simbolis, jumlahnya Rp2,027 miliar. Ternyata hari Rabu siang ini bertambah lagi menjadi Rp2,6 miliar. Alhamdulillah, kepedulian dan kepercayaan masyarakat terus meningkat," katanya.*

Baca juga: Israel dan Hamas sepakat gencatan senjata sementara

Baca juga: Menlu ungkap pemerintah sulit kontak tiga WNI di Gaza

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023