Jakarta (ANTARA) - Apple dirumorkan akan mengenalkan kamera telefoto yang disematkan di ponsel pintarnya pada kuartal kedua 2023.

Kabar itu diungkap oleh salah satu sumber industri yang menyebutkan pemasok teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dan autofokus di Korea Selatan telah mencapai kesepakatan dengan Apple untuk investasi terbaru.

Mengutip GSM Arena, Senin, Apple telah menggelontorkan dana sebesar 155 juta dolar AS atau setara Rp2,2 triliun dengan perusahaan bernama Jahwa Electronics untuk membangun fasilitas manufaktur baru.

Baca juga: Apple siapkan layanan sewa iPhone, harga sekitar Rp500 ribuan sebulan

Mengingat besarnya investasi itu dan fakta bahwa Apple sering meminta pemasoknya untuk membangun jalur produksi hanya untuk kebutuhannya, hal itu menjadi indikasi kuat bahwa kedua perusahaan mulai bekerja sama.

Fakta menariknya adalah Jahwa Electronics rupanya pemasok OIS untuk kompetitor Apple yaitu Samsung.

Pengembangan perangkat keras kamera baru itu diyakini akan menghasilkan unit telefoto dan diperkirakan akan mulai digunakan untuk iPhone 15.

Dipastikan Apple tengah mengerjakan kamera dengan kemampuan "zoom" atau memperbesar yang lebih canggih dan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Apple berencana sematkan fitur kesehatan di iPhone

Baca juga: Apple mulai produksi iPhone 13 di India

Baca juga: Pabrik pembuat iPhone asal Taiwan tunda operasi dua pabriknya di China

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022