Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra menyerahkan bantuan sembako secara simbolis dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) daerah setempat kepada masyarakat saat melakukan Safari Ramadhan Bersama Baznas dan BSI Buleleng.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Baznas yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Buleleng," katanya saat memberikan sambutan pada penyerahan secara simbolis bantuan itu di Wisma Kantor Bupati Buleleng, Bali, Senin.

Ia mengatakan pemerintah daerah setempat juga rutin dan periodik menyalurkan bantuan kepada masyarakat muslim di kabupaten ujung utara "Pulau Dewata" tersebut.

Kegiatan semacam itu terjadwal setiap Bulan Puasa dan menjelang Idul Fitri.

"Mudah-mudahan kegiatan Safari Ramadhan ini bisa berlanjut terus setiap tahunnya apalagi Baznas bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Safari Ramadhan rekatkan Pemkab Pasangkayu dan masyarakat

Kepala Baznas Kabupaten Buleleng Edy Buimin menjelaskan ada empat tahap pemberian sembako dalam Safari Ramadhan tahun ini.

Sebanyak 70 paket sembako sudah dibagikan lebih dahulu, sedangkan tahap kedua 300 paket sembako, dan pada hari yang sama akan diberikan kepada masyarakat muslim di Buleleng.

"Kita menggugah para dermawan untuk memberikan sebagian hartanya kepada orang yang berhak menerima, seperti fakir miskin, guru honor dan guru ngaji yang berjuang untuk mencerdaskan bangsa," ungkap Edy.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan 600 paket sembako yang akan disalurkan kepada yatim piatu dan lansia.

Baca juga: Menteri Trenggono Safari Ramadhan serap aspirasi nelayan dan serahkan 300 paket sembako

Paket sembako itu juga telah disalurkan mulai dari beberapa desa di bagian timur menuju Buleleng bagian barat.

"Tidak hanya menyasar warga di LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak), namun juga langsung menyasar masyarakat dengan kategori yatim piatu dan lansia di desa," ucapnya.

Pemberian sembako tahap ketiga sebanyak 500 paket akan disalurkan Baznas Buleleng pada 23 April 2022, sedangkan tahap keempat sekitar 200 paket akan didistribusikan pada 28 April 2022.

Setelah penyerahan secara simbolis, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra bersama Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menyerahkan sebanyak 75 paket sembako kepada anak yatim dan lansia di Seririt yang berpusat di Masjid Taufiq Minallah.

Baca juga: Ibu-ibu di Banda Aceh ikuti kemah Al Quran untuk maksimalkan Ramadhan
Baca juga: Safari Ramadhan di Madiun-Jatim sediakan bazar UMKM dan vaksinasi

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/IMBA Purnomo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022