Melalui kegiatan Safari Ramadhan ini, saya sampaikan bahwa disiplin protokol kesehatan tetap wajib dilakukan
Madiun, Jatim (ANTARA) - Kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijriyyah yang digelar Wali Kota Madiun Maidi secara bergiliran di tiap kelurahan saat shalat tarawih juga menyediakan bazar sembako dan UMKM hingga layanan vaksinasi COVID-19.

"Melalui kegiatan Safari Ramadhan ini, saya sampaikan bahwa disiplin protokol kesehatan tetap wajib dilakukan. Selain itu, bagi yang belum vaksin penguat silahkan segera vaksin. Kita keliling terus," kata Wali Kota Maidi di Madiun, Jawa Timur, Senin.

Ia mengatakan pada prinsipnya safari Ramadhan dilaksanakan untuk salat tarawih bersama warga saat bulan Ramadhan berlangsung. Namun dalam kegiatan tersebut juga menjadi ajang Pemkot Madiun untuk menggerakkan ekonomi rakyat di masa pandemi, penggalakan vaksin, sekaligus sosialisasi program-program kebijakan pemda.

Pihaknya mengapresiasi masyarakat Kota Madiun yang saat ini semakin patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19. Meskipun tidak dilakukan pengetatan oleh Pemkot Madiun, warga sudah cukup paham dan bisa menjaga diri agar terhindar dari paparan COVID-19.

Selain itu, Pemkot Madiun juga terus menggalakkan vaksinasi meski capaian vaksin sudah tergolong tinggi. Pemkot Madiun terus membuka layanan vaksinasi, baik vaksin dosis satu, dosis dua, vaksin penguat, maupun bagi anak usia 6-11 tahun. Hal itu sebagai upaya antisipasi menyambut momentum Idul Fitri 1443 H.

"Nanti Lebaran sudah boleh mudik. Masyarakat imunnya harus kuat. Jangan sampai setelah Lebaran terjadi lonjakan kasus," kata Maidi.

Sesuai data, saat ini kasus penularan COVID-19 di Kota Madiun mulai melandai. Meski demikian, warga Kota Madiun diminta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk menekan COVID-19.

Tercatat, secara keseluruhan di Kota Madiun kasus konfirmasi COVID-19 hingga Senin (11/4/2022) mencapai 10.110 orang. Dari jumlah itu, 9.544 orang telah sembuh, empat orang lainnya masih dalam perawatan, 15 orang isolasi mandiri, dan 547 orang meninggal dunia.

Jumlah konfirmasi baru pada Senin (11/4) tercatat nihil, sembuh delapan orang, dan meninggal dunia nihil.

Sementara, warga yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 di Kota Madiun per Senin (11/4/2022), tercatat 168.059 orang atau 108,44 persen dan warga yang baru mendapat vaksinasi dosis pertama mencapai 181.597 orang atau 117,18 persen.

Target sasaran vaksin di Kota Madiun mencapai 154 ribu orang. Sedangkan capaian vaksinasi penguat tercatat 48.883 orang atau 31,54 persen.

Baca juga: Sambut Ramadhan, warga Madiun gelar tradisi "Megengan"

Baca juga: Wali Kota Madiun ingatkan ASN siap bekerja setelah libur Lebaran

Baca juga: Satgas Pangan Madiun pantau ketersediaan bahan pokok

Baca juga: Gugah sahur, Polres Madiun Kota laksanakan patroli

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022