Mudah-mudahan bisa terealisasi secepatnya, karena di kawasan Tegalluar ini enam titik danau akan dibuat
Bandung (ANTARA) - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan ada sekitar 170 hektare (ha) lahan yang akan dibangun menjadi danau retensi di kawasan Tegalluar Kabupaten Bandung, Jawa Barat, guna meminimalkan banjir yang kerap melanda wilayah Bandung selatan.

Dadang menyebut Danau Tegalluar ini masuk ke lima wilayah desa dan dua kecamatan yakni, Desa Tegalluar di Kecamatan Bojongsoang, Desa Rancaekek Wetan, Desa Rancaekek Kulon, Desa Tegal Sumedang dan Desa Sukamanah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

"Mudah-mudahan bisa terealisasi secepatnya, karena di kawasan Tegalluar ini enam titik danau akan dibuat. Lima titik danau di luar TOD (Transit Oriented Development) dan satu danau di dalam TOD, sekitar 170 hektare kawasan danau yang akan dibangun," kata Dadang di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Jabar dukung pembangunan lima danau pengendali banjir Bandung

Setiap titik danau retensi itu, rencananya akan dibangun dengan luas yang beragam, mulai dari 13 hektare, 20 hektare hingga 30 hektare.

Jika terealisasi, Dadang menyebut Danau Tegalluar itu memiliki lima fungsi yakni untuk penampungan air sementara dalam rangka mencegah banjir, lalu untuk persediaan air baku yang akan diolah oleh PDAM.

"Fungsinya yang ketiga untuk pengisian air bawah tanah, keempat untuk energi listrik dengan menggunakan panel surya, dan kelima untuk destinasi wisata," kata Dadang.

Baca juga: Kabupaten Bandung dilanda banjir, satu lansia meninggal

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kondisi lingkungan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum saat ini jauh lebih baik dan banjir cenderung berkurang dalam dua tahun terakhir.

"Sudah tidak ada banjir kepanjangan, walaupun ada namun tidak separah dulu hingga menjadi berita besar," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Rel tergenang banjir, sejumlah kereta di Bandung tertahan

Menurutnya, dengan adanya danau-danau retensi ini bakal memberikan keuntungan karena kawasan Tegalluar pun bakal otomatis mendapat penataan.

"Kami akan melaporkan rencana pembangunan lima danau baru di Kabupaten Bandung ke Pak Presiden," katanya.

Baca juga: BMKG imbau warga pesisir Kepri waspadai rob

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022