Diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat hingga nantinya mau bercocok tanam di sekitar halamannya.
Jayapura (ANTARA) - Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali, Senin, melakukan panen jagung bersama masyarakat yang bermukim di sekitar Pos Kalimaro, Kampung Kalimaro, Distrik Eligobel, Kabupaten Merauke, Papua.
 
Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P Silaban, di Merauke, Senin, menyatakan prajuritnya sejak awal mengajak dan melibatkan masyarakat saat menanam jagung hingga memanennya.
 
Dengan dilakukannya panen diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat hingga nantinya mau bercocok tanam di sekitar halamannya, kata Letkol Inf Silaban pula.
 
Danpos Kalimaro Lettu Inf Edy S. Ritonga mengatakan, panen jagung yang dilakukan personel Pos Kalimaro bertujuan agar masyarakat di sekitar pos memiliki kesadaran untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitarnya, sehingga bisa menjadi mata pencaharian masyarakat atau dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.
 
Tanah di wilayah Kalimaro merupakan tanah yang subur, sehingga tanaman apa pun yang ditanam akan tumbuh dengan baik dengan cara penanaman yang tepat.
 
Ernes Mogujay, salah seorang warga Kalimaro menyampaikan terima kasih karena sudah dilibatkan dan diajarkan memanfaatkan lahan yang berada di sekitar lingkungannya.
 
“Atas nama warga Kampung Kalimaro kami ucapkan terima kasih kepada personel TNI Yonif 123/RW Pos Kalimaro yang telah mengajar cara bercocok tanam yang benar hingga hasilnya dapat dipanen, karena selama ini hanya berburu dan memancing," ujar Ernes Mogujay.
Baca juga: Ketua DPR RI tanam dan jajan jagung bareng Jokowi di Sorong Papua
Baca juga: Warga perbatasan RI-PNG diajak TNI manfaatkan lahan kosong

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022