NTB diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua hari ke depan.

"Dua hari ini wilayah NTB diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Desi Megawati dalam keterangan tertulisnya di Praya, Selasa.

Pada tanggal 19 April potensi hujan terjadi di 10 kabupaten/kota di NTB yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Selanjutnya pada tanggal 20 April potensi hujan terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa Bima, Kota Bima dan Dompu.

Baca juga: BMKG prediksi musim kemarau di NTB mulai April 2022

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan di NTB pada akhir pekan


Untuk itulah, BMKG berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genang air, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

"Potensi hujan terjadi mulai pagi hingga malam hari," katanya.

BMKG juga mengimbau warga yang ada di pesisir pantai wilayah NTB untuk mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih akan melanda wilayah selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan.

"Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari selatan barat laut sampai tenggara dengan kecepatan angin 30 km/jam," katanya.

Baca juga: BMKG: Tiga hari menjelang Bau Nyale NTB berpotensi diguyur hujan

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang laut hingga 2 meter di wilayah NTB

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022