Sukoharjo (ANTARA) - Kepala Polres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyebutkan sebanyak 121 armada bus hasil cek untuk persiapan angkutan umum menjelang mudik Lebaran 2022 di wilayah hukumnya, kondisi laik jalan.

Ada 121 armada bus yang dilakukan pengecekan oleh tim gabungan Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo bersama Dishub setempat kondisinya laik jalan untuk persiapan mudik Lebaran tahun ini, kata Kapolres di Sukoharjo, Selasa.

"Pengecekan kondisi armada bus untuk memastikan dalam kondisi laik jalan menjelang arus mudik Lebaran sehingga masyarakat merasa nyaman, aman selamat sampai tujuan," kata Kapolres.

Baca juga: Dishub Bogor periksa 174 bus mudik, hanya 16 laik jalan

Kapolres mengatakan Tim gabungan melakukan pengecekan di garasi bus PO Raya, PO SAN, Ekspedisi Hyra, dan Ekspedisi Kobra di Kabupaten Sukoharjo. Petugas gabungan secara acak mengecek kondisi bus yang ada.

Pengecekan mencakup perlengkapan bus seperti lampu, wiper, ban, mesin maupun surat- surat kendaraan. Seluruh bagian dicek secara teliti. Petugas juga naik ke kabin untuk mengecek perlengkapan di dalam armada bus.

Sementara itu, Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Satlantas Polres Sukoharjo Iptu Sri Wuri mengatakan pengecekan dimaksudkan untuk memastikan kondisi bus dalam kondisi laik jalan. Hal itu sangat penting, apalagi sebentar lagi memasuki masa arus mudik Lebaran.

"Bu itu, juga digunakan untuk mengangkut pemudik Lebaran. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar laik jalan,” katanya disela-sela pengecekan," katanya.

Selain itu, petugas dari Satlantas juga mengecek kesehatan para sopir bus. Menurut dia kesehatan sopir harus benar-benar prima dan baik.

"Karena, sopir bus nantinya yang akan membawa masyarakat untuk mudik ke wilayahnya masing-masing," katanya. 

Baca juga: Polisi: Bus Elf kecelakaan di Tol Cipali tidak laik jalan
Baca juga: Petugas temukan banyak bus tak laik jalan saat mudik
Baca juga: Bus tak laik jalan di Kalsel akan langsung dikandangkan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022