Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo segera memberikan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab setempat.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Rabu, mengatakan THR merupakan hak ASN, sesuai dengan instruksi dari Presiden, sehingga akan segera diberikan kepada mereka sekitar 10 hari menjelang Lebaran 2022.

"Insyaallah anda (ASN, red.) punya THR akan dibayarkan hari Kamis atau Jumat ini," kata dia.

Ia memerintahkan Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango Iwan Mustapa untuk segera mempersiapkan dana maupun anggaran untuk membayar THR para ASN tersebut.

"Karena ini sudah menjadi hak mereka. Pemberian THR ini mari kita nikmati dan syukuri dengan baik," ucap Hamim.

Baca juga: BKAD Sulsel jadwalkan pencairan THR ASN Rp119 miliar pekan ini

Ia juga mengingatkan seluruh ASN Bone Bolango untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah bisa disalurkan lewat OPD masing-masing atau langsung ke Baznas Bone Bolango.

"Kita manfaatkan betul Baznas, saya minta semua zakat fitrah ASN di Baznas saja karena kelihatan sekali hasilnya. Anda bisa saksikan apa yang terkumpul dari hasil zakat, infak, sedekah (ZIS) dari saudara-saudara semua," ungkap dia.

Ia memastikan tahun ini, ASN Bone Bolango tidak hanya menerima THR, tetapi juga akan menerima gaji ke-13 dan tunjangan penghasilan pegawai (TPP). Diktum untuk TPP maksimal 50 persen.

"Kalau kita tidak mampu 50 persen, yang penting sudah ada THR dan gaji 13, tapi saya sudah minta kepada Pak Sekda dan Kaban Keuangan, bagaimana caranya supaya TPP-nya para ASN ini masih bisa diakomodir," kata Hamim.

Baca juga: Sri Mulyani alokasikan Rp34,3 triliun untuk THR ASN
Baca juga: Tjahjo Kumolo: THR dan gaji ke-13 apresiasi pemerintah terhadap ASN
Baca juga: Pemerintah pastikan penyaluran THR untuk pekerja, ASN dan TNI/Polri

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022