menjaring siswa terbaik yang kurang mampu secara finansial
Jakarta (ANTARA) - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menyalurkan beasiswa sebesar Rp6 miliar yang diperuntukkan bagi 60 calon mahasiswa baru di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi melalui program “Atma Peduli Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK)”.

“Pemberian beasiswa ini merupakan wujud nyata kepedulian Atma Jaya yang bertujuan menjaring siswa terbaik yang kurang mampu secara finansial namun memiliki kemampuan akademis dan non-akademis yang baik serta lulus tes masuk di Unika Atma Jaya,” ujar Rektor Unika Atma Jaya, Dr A Prasetyantoko, di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan para siswa terbaik itu nantinya tetap bisa mengejar mimpinya untuk bisa menjadi yang terbaik bagi pembangunan bangsa dan negara.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan kerja sama antara Atma Jaya dengan Keuskupan Agung Jakarta. Sebanyak 30 calon mahasiswa mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus, sementara 30 lainnya mendapatkan beasiswa sebagian.

Pemberian beasiswa tersebut berdasarkan dua kriteria yakni kemampuan akademis dan kemampuan finansial. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi semua program studi di kampus itu.

Baca juga: Pemkot Surabaya sediakan Beasiswa Pemuda Tangguh untuk mahasiswa
Baca juga: BSI berikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Unhas

Para penerima beasiswa juga akan dievaluasi setiap semester agar tetap fokus pada penyelesaian kuliahnya. Program beasiswa itu, lanjut dia, merupakan rangkaian kegiatan perayaaan Dies Natalis ke-62 Unika Atma Jaya pada 2022.

Ketua Komisi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Keuskupan Agung Jakarta, Romo Adrianus Suyadi, mengatakan sebanyak 60 calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari 300 peserta yang ikut seleksi.

“Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak-anak yang sebenarnya memiliki kemampuan akademik tetapi terkendala secara finansial,” kata Romo Adrianus.

Dalam kesempatan itu, juga memberikan secara simbolis beasiswa kepada dua orang calon mahasiswa yang berasal dari program studi Bioteknologi dengan total beasiswa Rp257 juta dan program studi Ekonomi Pembangunan dengan total Rp120 juta.

Baca juga: Daewoong Foundation berikan beasiswa kepada 55 mahasiswa berprestasi
Baca juga: UI berangkatkan mahasiswa beasiswa IISMA ke universitas Asia-Eropa-AS
Baca juga: PT Japfa Foundation berikan beasiswa pada mahasiswa IPB University

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022