Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi digital Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyiapkan integrasi jaringan jelang liburan Lebaran 2022 sehingga pelanggan diharapkan tidak perlu khawatir alami gangguan komunikasi di manapun berada.

"Trafik komunikasi selama liburan Lebaran dipastikan akan meningkat apalagi pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik," kata Director and Chief Regulatory Officer IOH M Danny Buldansyah kepada media di Jakarta, Rabu.

Dikatakan, resmi beroperasi pada awal Januari tahun ini, IOH yang kini baru berumur sekitar 100 hari telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap untuk memberikan pengalaman telekomunikasi digital pelanggan yang lebih baik.

Pada akhir tahun 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. Integrasi memberikan peningkatan layanan cakupan dalam ruangan dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya. Sebagai tambahan, IOH akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.

SVP Head of Network Operation IOH Agus Sulistio mengatakan IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan trafik per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.

Berbekal pengalaman di masa Ramadhan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan trafik data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur lebaran, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

"Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik," katanya.

Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur Lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional.

Baca juga: Total pendapatan Indosat Ooredoo 2021 naik 12,4 persen
Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison gandeng perbankan layani kredit UMKM
Baca juga: Indosat Ooredoo-Hutchison resmi umumkan penggabungan

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022