... Olahraga sangat berhubungan erat dengan ekonomi...
Jakarta (ANTARA News) - Walau agak terlambat, namun akhirnya logo SEA Games 2011 terpasang di badan pesawat Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan resmi pelaksanaan gelaran olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Lumrah terjadi pada banyak maspakai penerbangan dunia, pemasangan logo resmi gelaran olahraga besar di badan pesawat terbangnya. Biasanya, pemasangan logo itu dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan, disejajarkan dengan promosi penerbangan dan negara tuan rumah.

Prosesi pemasangan logo di badan pesawat B 737-800 NG itu dilakukan di Hanggar 2, Garuda Maintenance Facility (GMF) Cengkareng Tangerang, Senin, oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Emirsyah Satar, dengan Ketua Harian Inasoc, Rahmad Gobel.

Logo SEA Games 2011 berupa burung garuda ini akan terpasang pada 20 pesawat yang melayani penerbangan regional maupun domestik terutama untuk tujuan Jakarta-Palembang.

"Untuk hari ini barus lima logo yang terpasang. Tapi, nantinya akan terpasang di 20 pesawat. Pesawat ini juga akan melayani rute Singapura hingga Hongkong," kata Emirsyah Satar usai peresmian logo.

Sebagai maskapai milik pemerintah, Garuda Indonesia juga akan mendukung penuh dalam pengangkutan atlet dari hampir semua negara termasuk dengan kargo. Bahkan, banyak atlet diberikan tiket gratis maupun diskon.

Ia menjelaskan, selain sebagai salah satu sponsor, Garuda Indonesia juga menjadi bapak angkat cabang olahraga tenis. Dengan demikian, atlet tenis akan didukung penuh saat turun di event-event resmi termasuk SEA Games 2011.

Sementara itu, Ketua Harian Inasoc Rahmad Gobel mengaku sangat mengapresiasi dukungan Garuda Indonesia dalam mensukseskan pelaksanaan SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November nanti.

"Kami berharap dengan kerjasama ini bisa memperlancar pelaksanaan SEA Games. Ini adalah kesempatan. Olahraga sangat berhubungan erat dengan ekonomi," katanya di sela peresmian logo.

SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang diikuti 11 negara. Ada 42 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan total medali emas yang diperbutkan sebanyak 542 medali. Indonesia selaku tuan rumah bertekad menjadi juara umum. (B016)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011