Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc mencatatkan lap tercepat di sesi latihan bebas pertama Grand Prix Emilia Romagna pada Jumat diikuti rekan satu timnya, Carlos Sainz, yang menegaskan dominasi Ferrari di lintasan basah Sirkuit Imola.

Leclerc membuat lap terbaiknya satu menit 29,402 detik dengan ban intermediate demi mengungguli Sainz dengan margin 0,877 detik di tempat kedua, demikian catatan resmi F1.

Juara bertahan dari tim Red Bull Max Verstappen finis ketiga tercepat, terpaut 1,465 detik, diikuti dua pebalap Haas Kevin Magnussen dan Mick Schumacher yang melengkapi lima besar.

Sementara Sergio Perez membawa mobil Red Bull kedua ke P6.

Baca juga: GP Emilia Romagna: Leclerc dan ekspektasi tinggi tifosi Ferrari

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton merampungkan latihan pagi di peringkat ke-18 setelah mengawali sesi dengan ban basah sebelum kondisi cuaca membaik yang memungkinkan pemakaian ban intermediate.

Rekan satu timnya di Mercedes, George Russell, sementara ini menghuni peringkat dua klasemen, finis P10.

Lando Norris menyebabkan bendera merah dikibarkan lima menit jelang akhir sesi saat mobil McLarennya melebar ke gravel namun dapat kembali ke lintasan.

Baca juga: Leclerc fokus balapan di Imola meski kemalingan jam tangan mewah

Imola menandai awal tur F1 di Eropa musim ini sekaligus menjadi lokasi balapan sprint pertama dari tiga yang dijadwalkan tahun ini.

Dengan format sprint race, maka kualifikasi dimajukan pada Jumat sore untuk menentukan posisi start balap sepanjang 100km pada Sabtu.

Posisi sprint race sendiri menentukan starting grid untuk balap utama pada Minggu.

Berbeda dari tahun lalu, pebalap yang meraih pole position di kualifikasi Jumat akan mendapati namanya tercatat di buku rekor Formula 1. Sprint race sendiri kini menyediakan poin untuk pebalap yang finis delapan besar, ketimbang tahun lalu yang hanya tersedia untuk posisi tiga besar.

Baca juga: Hamilton yakin masih bisa balikkan keadaan kejar gelar kedelapan
Baca juga: Mercedes bekerja keras pangkas jarak dari Ferrari dan Red Bull
Baca juga: Sainz perpanjang kontrak dengan Ferrari hingga 2024

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022