lorong wisata yang dipersiapkan Kecamatan Panakkukang akan diluncurkan pada H+3 lebaran
Makassar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi meminta seluruh SKPD pendamping yang bertanggung jawab pada wilayah masing masing untuk persiapan 1.000 lorong wisata dipersiapkan setelah Lebaran.

"Jadi masalah dasar untuk lorong wisata baik itu lampu lorong, drainase, paving blok, tadi hadir kadis perhubungan dan PU, itu sudah menjawab secara teknis, artinya jelas pelaksanaan sudah siap dan aksinya usai lebaran," ujarnya di Makassar, Sabtu.
 
Fatmawati menyatakan, hasil laporan dan pemantauannya hanya ada beberapa kecamatan yang siap untuk melaksanakan salah satunya Kecamatan Panakkukang.

Menurut dia, lorong wisata yang dipersiapkan Kecamatan Panakkukang akan diluncurkan pada H+3 lebaran, walau ia mengakui jika hari demikian masih hari libur lebaran.

"Walaupun itu masih libur, tapi mereka sudah siap karena DPA dan anggarannya mereka sudah siapkan sedemikian rupa," katanya.

Wawali Makassar juga meminta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) untuk bertanggung jawab terhadap 50 lorong dengan program "Jagai Anakta", serta Pojok Asi.
Baca juga: Pemkot Makassar targetkan hadirkan 5.000 lorong wisata
Baca juga: Cantik! 6 destinasi wisata alam laut di sekitar Makassar, kota Anging Mammiri

"Pokoknya yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan dengan melihat potensi apa yang perlu dikembangkan serta apa permasalahan lorong dan apa yang harus dilakukannya," tutur Fatma.

Fatma juga meminta setiap Kecamatan tiap minggu koordinasi dengan lurahnya untuk identifikasi lorong kemudian menclaster seperti apa supaya lorong jadi ikon.

"Sebelumnya kan sukses buat lorong garden, badan usaha lorong tentunya lorong wisata ini harus lebih baik kedepannya,"ungkapnya.

Fatmawati berharap dengan adanya lorong wisata akan mampu melahirkan Start Up di lorong lorong.

"Pokonya RPJMD realisasi 5 ribu lorong wisata jadi tiap tahunnya, ada seribu di dan ini hadir untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi kita serta melahirkan start up lorong," ucapnya.

Baca juga: Pemkot anggarkan Rp20 miliar jadikan Balai Kota Makassar obyek wisata
Baca juga: NIPAH Park Makassar akan gelar pekan olahraga

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022