Cakupan vaksinasi kita kejar untuk seratus persen
Maumere (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat memastikan kesiapan sektor kesehatan untuk mendukung kelancaran acara sampingan (side event) G20 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"Cakupan vaksinasi kita kejar untuk seratus persen, lalu hotel diupayakan bersertifikat Cleanliness , Health , Safety,  Environment Sustainability (CHSE)   ," kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng ketika dihubungi dari Maumere, Sabtu.

Kini capaian vaksinasi Manggarai Barat telah menyentuh angka 87 persen. Kiriman 10.000 dosis Pfizer pun akan semakin mempercepat capaian vaksinasi di daerah super prioritas itu.

Selain mempercepat capaian vaksinasi, kata Weng, tamu dapat berkunjung ke Labuan Bajo dengan aman karena angka kasus COVID-19 yang telah melandai. Dia menyebut angka kasus sudah sangat melandai dengan jumlah kasus tidak lebih dari tiga kasus selama satu minggu terakhir.

Baca juga: BMKG sebar informasi cuaca khusus selama side event G20 di Labuan Bajo

Baca juga: Kasal: Pengamanan G-20 di Labuan Bajo akan sesuai prosedur tetap


Berdasarkan data Satuan Tugas COVID-19 Manggarai Barat per 22 April 2022, kasus positif COVID-19 pada tanggal 22 April hanya satu kasus, sebelumnya dua kasus pada tanggal 21 April, lalu satu kasus masing-masing pada tanggal 19 dan 20 April.

Untuk mendukung kelancaran 10 kegiatan dalam rangkaian G20 di Labuan Bajo, pemerintah daerah terus berbenah untuk sektor kesehatan. Selain mempercepat capaian vaksinasi, semua karyawan yang bekerja di hotel maupun kapal wisata harus divaksin lengkap dan dosis lanjutan.

Tak hanya itu, kata dia, hotel-hotel di Labuan Bajo harus bersertifikat CHSE. Sekiranya 10 hotel berbintang sudah bersertifikat CHSE. Dengan demikian, hal itu dapat menjadi jaminan bagi tamu untuk berinteraksi satu sama lain.

Pembenahan sektor kesehatan memang menjadi fokus Pemkab Manggarai Barat. Lewat dana DAK Kementerian Kesehatan, RSUD Komodo Labuan Bajo dengan tipe C akan naik menjadi tipe A. Pembangunan gedung rumah sakit akan dimulai tahun 2022 ini dengan proses pemenuhan segala peralatan kesehatan.

Weng berharap tiga atau empat tahun lagi RSUD Komodo Labuan Bajo tipe A bisa siap mendukung segala aktivitas pelayanan kesehatan bertaraf internasional di Manggarai Barat.

Baca juga: Menkominfo: Labuan Bajo dipersiapkan untuk pre-event pertemuan G20

Baca juga: BPOLBF pastikan ketersediaan rantai pasok parekraf dukung G20

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022