Palembang (ANTARA News) - Pedagang cendera mata SEA Games XXVI berupa gantungan kunci di kawasan Jakabaring, Palembang, Jumat, ternyata diminati pengunjung pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Pantauan ANTARA di kawasan Jakabaring, pusat kegiatan SEA Games XXVI itu, pengunjung banyak membeli cendera mata yang disediakan pedagang tersebut.

Menurut pedagang tersebut, gantungan kunci yang diproduksi dari Jakarta itu, bahannya didatangkan dari Jawa Barat.

Sementara harga gantungan kunci tersebut antara Rp5 ribu hingga Rp10 ribu perbuah.

Pedagang cendera mata, Imam, mengatakan, pihaknya mendatangkan gantuan kunci tersebut dari Jakarta.

Mengenai persediaan sendiri, menurut dia, tidak menjadi masalah karena cendera mata itu stoknya masih banyak.

Gantuan kunci itu tersedia stok mencukupi, karena mengantisipasi bila pengunjung membeli dengan jumlah yang banyak, ujar dia pula.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya memberikan harga lebih murah bila pengunjung pembeli dengan jumlah banyak.

Mengenai keuntungan, menurut dia, pihaknya hanya menarik sedikit kelebihan dari harga beli, artinya tidak perlu mematok harga tinggi, tetapi lakunya hanya sedikit.

Ia mencontohkan, harga gantungan kunci yang Rp5.000 per unit, paling mendapat keuntungan kisaran Rp200 hingga Rp500,- saja.

Kondisi tersebut, jika lakunya cukup banyak selama berlangsung SEA Games pada 11-22 November 2011, bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan, katanya lagi.

Pantauan di kawasan Jakabaring Palembang tempat pelaksanaan acara pembukaan SEA Games XXVI tersebut, banyak bermunculan pedagang cendera mata berbagai bentuk dan ukuran.

Bahkan di kawasan itu dijual bermacam kaos, baju dan celana serta jaket berlogokan SEA Games XXVI.

Sementara di depan Stadion Gelora Sriwijaya tempat pembukaan pesta olahraga akbar itu, para petugas dan panitia telah berjaga-jaga menyambut kedatangan presiden.
(U005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011