Untuk itu para lulusan Unimed harus terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir, kolaboratif, dan profesional
Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Baharuddin mengatakan, dewasa ini dunia kerja lebih membutuhkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dan skill kolaborasi di berbagai bidang.

"Untuk itu para lulusan Unimed harus terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir, kolaboratif, dan profesional," katanya pada prosesi wisuda 937 wisudawan Unimed yang digelar di Gedung Auditorium Unimed di Medan, Rabu.

Ke-937 wisudawan tersebut masing-masing 74 lulusan Program Pascasarjana, 124 lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 133 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 67 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 241 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 121 lulusan Fakultas Teknik, 80 lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 97 lulusan Fakultas Ekonomi.

Ia menjelaskan, upacara wisuda yang diikuti para lulusan kali ini bukan menyatakan bahwa masa belajar telah berakhir. Justru harus dijadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi di Unimed.

Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh, harus menjadi modal utama agar mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup.

Saat ini, katanya, pimpinan Universitas Negeri Medan sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor.

Mahasiswa di berbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik di tingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, SEA Games, Asean Games, MTQ, IMT-GT, dan kompetisi internasional lainnya.

"Capaian prestasi yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan non-akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif. Jagalah nama baik almamater yang telah membina dan membesarkan saudara," katanya.

Kepada para wisudawan juga diminta untuk tampil sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi seorang pembelajar yang tangguh, lincah, dan tangkas. Yaitu kemampuan bagi mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan.

"Berikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan, bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024