Kami akan tingkatkan koordinasi dan kerja sama dengan semua pihak dalam memajukan kampus Unimed menjadi perguruan tinggi terbaik yang siap melahirkan lulusan yang bermutu ...
Medan (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Suharti melantik Prof Dr Baharuddin sebagai Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2023-2027 di Jakarta, Selasa.

Sekjen Kemendikbudristek Suharti berharap rektor yang dilantik pada hari ini iru dapat menjalankan amanah, tugas, dan fungsinya dengan baik dan melanjutkan program-program yang sudah ada, serta menyusun strategi bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan tinggi sehingga mampu menghasilkan lulusan berkualitas untuk mendukung SDM Indonesia unggul.

Pada kesempatan itu Suharti juga mengatakan Program Merdeka Belajar memberikan ruang pada pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi dalam tata kelola agar lebih adaptif dan fokus dalam peningkatan kualitas pelayanan, pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi sebagaimana tertuang dalam Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Rektor Unimed sebelumnya Prof Dr Syamsul Gultom yang telah banyak membawa perubahan, terutama membawa Unimed mencapai akreditasi A pada mayoritas program studi (prodi). 

Baca juga: Rektor Unimed: Skripsi lebih memberi manfaat bagi mahasiswa 

Sementara Rektor Unimed Prof Baharuddin mengatakan siap mengemban amanah dan tanggung jawab serta akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik-baiknya.

"Kami akan tingkatkan koordinasi dan kerja sama dengan semua pihak dalam memajukan kampus Unimed menjadi perguruan tinggi terbaik yang siap melahirkan lulusan yang bermutu dan dinanti oleh semua pengguna," ucapnya.

Rektor juga menyebutkan semua pimpinan tentu akan meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi ilmiah karya dosen dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi guna memberikan kontribusi dan menjawab permasalahan masyarakat secara global.

Baca juga: Rektor Unimed: Perguruan tinggi Indonesia harus lebih maju di ASEAN

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023