Medan (ANTARA) - Sebanyak tiga mahasiswa dan dosen asal Universitas Negeri Medan (Unimed) Sumatera Utara turut membela Indonesia pada SEA Games 2023 yang digelar di Phom Phenh, Kamboja, 5-17 Mei 2023.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed, Budi Valianto mengapresiasi ketiga mahasiswa dan dosen yang akan diberangkatkan pada perhelatan Internasional bergengsi SEA Games 2023 di Kamboja.

"Kita berharap agar mahasiswa dan dosen kita, yang mewakili Indonesia dapat all out dan memberikan kemampuan terbaiknya sehingga membuahkan prestasi yang membanggakan," ujarnya, di Medan, Kamis.

Dukungan juga disampaikan Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Ia optimistis para mahasiswa Unimed mampu memberi penampilan yang terbaik untuk kontingen Indonesia, sehingga bisa menjadi penyumbang medali di ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kami berharap dapat menyumbangkan emas untuk Indonesia. Kami juga optimistis dengan peluang kontingen Indonesia untuk dapat mempertahankan posisi di tiga besar yang berhasil direbut pada edisi terakhir SEA Games," katanya.

Adapun tiga mahasiswa Unimed yang ikut memperkuat kontingen Tanah Air, yakni Toni Kristian Hutapea (kick boxing) dan Dara Latifa (balap sepeda) yang berasal dari jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga serta Aprillia Eka Putri Lumbantungkup (kick boxing) yang berasal dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Sementara dosen Unimed Dr. Novita, S.Pd., M.Pd. sebagai pelatih wushu Indonesia.

Toni Kristian Hutapea mengatakan akan bertanding dengan maksimal mungkin. Saat ini, dirinya bersama atlet yang lain akan lebih fokus menjaga performa untuk meraih prestasi.

"Persiapan sudah matang untuk pertandingan SEA Games. Kali ini fokus untuk meraih prestasi di SEA Games. Mohon doanya juga dari masyarakat Sumut," ujar Toni Hutapea.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melepas 20 atlet asal provinsi tersebut untuk memperkuat kontingen Indonesia di ajang SEA Games Kamboja, 5-17 Mei 2023.

Baca juga: Kun bokator dulang enam medali sehari sebelum pembukaan SEA Games 2023
Baca juga: Flairene Candrea pembawa bendera Indonesia pada defile SEA Games 2023
Baca juga: Jadwal SEA Games 2023 : Ada potensi medali untuk kontingen Indonesia

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023