Medan (ANTARA) - Universitas Negeri Medan (Unimed) telah membuka pendaftaran Seleksi Masuk Mandiri tahun 2023 yang dimulai dari tanggal 15 Mei dan akan ditutup pada tanggal 04 Juli 2023.

Seleksi Mandiri adalah jalur masuk terakhir bagi mahasiswa baru yang ingin kuliah di Unimed. Seleksi Mandiri Unimed tidak ada perbedaan dari tahun sebelumnya di mana untuk diterima, calon mahasiswa baru harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom di Medan, Kamis, menyampaikan agar informasi ini dapat segera diketahui oleh masyarakat luas, sehingga bagi pelajar SMA sederajat tahun lulus 2021, 2022 dan 2023 dapat segera mempersiapkan diri untuk mendaftar Seleksi Mandiri ini.

"Bagi yang ingin mendaftar jalur Mandiri harap segera mempersiapkan diri agar dapat diterima di Unimed, karena peminat Unimed setiap tahunnya terus meningkat pada jalur SNMPTN atau yang sekarang dikenal SNBP dan SBMPTN atau yang sekarang dikenal SNBT," ucapnya.

Baca juga: UTBK-SNBT tahun 2023 di Unimed diikuti 15.907 peserta

Baca juga: Unimed optimistis kerja sama dengan perguruan tinggi terbaik di ASEAN


Syamsul menyebutkan bagi yang tidak lolos jalur SNBP, jalur Seleksi Mandiri merupakan jalur terakhir agar bisa diterima masuk untuk kuliah di Unimed.

"Kami juga menghimbau persyaratan pendaftaran, memiliki kesehatan yang memadai sehingga ketika diterima masuk di Unimed tidak mengganggu kelancaran studi, karena kesehatan penting agar dapat menyelesaikan masa studi di Unimed dengan tepat waktu," ujarnya.

Rektor juga mengatakan bahwa pendaftar yang memiliki masalah dalam proses pendaftaran Seleksi Mandiri, silahkan hubungi helpdesk SM Mandiri Unimed pada Gedung UPT TIK lantai 1 atau juga bisa berkunjung ke kantor Humas Unimed bagi warga Medan.

Kuota jalur Mandiri Unimed tahun ini 1.704 kursi yang dibuka untuk 55 prodi pada jenjang S1 dan D3. Siswa yang ingin mengikuti Seleksi Masuk Mandiri dapat mendaftar secara online pada website http://sm.unimed.ac.id, kemudian pendaftar mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Setelah tahapan tersebut siswa pendaftar harus memilih program studi, mengunggah portofolio bagi Prodi Olahraga dan Seni, memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

Biaya pendaftaran Mandiri Unimed sebesar Rp 300.000 serta bagi pendaftar prodi seni dan keolahragaan membayar biaya tambahan untuk portofolio sebesar Rp 50.000. Pembayaran dapat melalui Bank BNI 46. Setelah melakukan pembayaran lakukan pencetakan Kartu Ujian melalui laman http://sm.unimed.ac.id.

Materi yang akan diuji pada UTBK Mandiri berbentuk Tes Potensi Sekolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Penalaran Matematika.

Ujian UTBK Seleksi Mandiri akan laksanakan pada 10 – 14 Juli 2023. Pengumuman hasil seleksi jalur Mandiri akan diumumkan pada 21 Juli 2023 yang dapat dilihat pada situs https://www.unimed.ac.id atau https://sm.unimed.ac.id.*

Baca juga: Tiga mahasiswa dan dosen Unimed perkuat Indonesia di SEA Games Kamboja

Baca juga: Senat tetapkan tiga calon Rektor Unimed periode 2023-2027

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023