Gorontalo (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kekominfo) menargetkan pada tahun 2012 seluruh pulau di Indonesia akan terkoneksi dengan jaringan internet.

Dalam acara Forum Pengembangan Literasi Media Dalam Rangka Penguatan Sadar Media, Jumat, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Sosial Budaya, Dr Suprawoto, mengungkapkan hal itu sebagai bagian dari rencana Indonesia Informatif yang menjadi visi lembaganya.

"Indonesia Informatif merupakan upaya kita membawa masyarakat ke arah masyarakat yang akrab dengan informasi," ujarnya.

Dalam visi itu, lanjutnya, diharapkan semua lapisan masyarakat bisa mudah mengakses informasi dan menggunakannya untuk memberikan nilai tambah (added value) seperti edukasi, pemberdayaan masyarakat, dan pencerahan.

"Program itu didasarkan pada keyakinan bahwa masyarakat tertinggal atau miskin bukan disebabkan ketiadaan finansial, tetapi lebih karena ketertinggalan informasi," jelasnya.

Untuk mewujudkannya, Kominfo membuat program-program yang harus dicapai secara bertahap.

"Tahun 2011 kita buat program Desa Berdering dengan membangun infrastruktur di 5,874 kecamatan, sehingga desa-desa bisa mengakses telepon, radio, tv, dan internet," ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut, pada tahun 2012 Kominfo akan menyambungkan seluruh pulau-pulau di Indonesia dengan jaringan internet dan pada tahun 2016 semua pulau akan terkelilingi dengan jaringan broadband.

"Saat ini sedang dibangun jaringan serat optik ke pulau-pulau yang ada. Sekarang sudah mencapai Papua," katanya.

Dengan koneksi broadband di seluruh pulau, maka diharapkan pada tahun 2018 akan terjadi memasuki era digital di mana semua media informasi sudah tersedia dalam bentul digital. (ANT/309)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011