Jakarta (ANTARA News) - Ribuan warga Jakarta hadir dan rela lesehan di sekitar monumen nasional (Monas) untuk menyaksikan acara pembukaan SEA Games XXVI/2011 melalui layar lebar, Jumat malam.

Empat unit layar lebar ditempatkan di sisi selatan kompleks Monas menayangkan siaran langsung pembukaan ajang olahraga tingkat Asia Tenggara itu yang dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain para pejabat di DKI Jakarta, acara yang digelar di jantung ibu kota itu juga dihadiri oleh jajaran TNI, Polri, pelajar dan organisasi masyarakat (ormas) Jakarta.

Cuaca cerah yang dipayungi cahaya bulan yang benderang di langit ibu kota memberikan kenyamanan bagi warga yang mengikuti acara demi acara pembukaan yang digelar di Stadion Jakabaring Kota Palembang, Sumatera Selatan itu.

Dengan tertib, warga mendengarkan pidato Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang disiarkan langsung dari ketiga layar lebar di sana.

Meski dibatasi pagar besi yang melingkari tenda undangan, namun warga setia mengikuti acara sampai tuntas.

Prosesi acara pembukaan SEA Games 2011 di kawasan Monas ditutup dengan pesta kembang api yang berlangsung selama lima menit mulai pukul 21.25 WIB.

Selepas menyaksikan acara pembukaan olahraga dua tahunan Asia Tenggara itu, warga dihibur dengan aksi panggung sejumlah artis ibukota yakni grup band Netral, Coklat, Duo Maia dan Titi DJ.

Sementara itu, maskot SEA Games XXVI/2011, Modo dan Modi yang terbuat dari balon berukuran raksasa hadir di gerbang acara.
(I020*S033)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011