Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Kalimantan Tengah menyiagakan alat berat serta mendirikan sebanyak 23 posko arus mudik dan balik Lebaran 2022.
 
"Hal itu sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk mengamankan arus mudik maupun arus balik saat Lebaran sehingga tetap berjalan lancar," kata Kepala DPUPR Kalteng Shalahuddin di Palangka Raya, Senin.
 
Menurut dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak balai dalam upaya pemantauan, kesiapsiagaan hingga penanganan di lapangan.

Baca juga: Pemprov Kalteng antisipasi potensi bencana saat libur Lebaran 2022
 
Dia menjelaskan sebanyak 23 posko ini tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalteng dengan membagi menjadi beberapa zona wilayah, yakni wilayah barat 10 posko, wilayah tengah 6 posko, serta wilayah timur 7 posko.
 
Pendirian posko oleh DPUPR Kalteng untuk mengamankan perjalanan masyarakat mulai dari angkutan orang dan barang, serta sembako sehingga tidak terganggu. Hal itu dilakukan dengan memperbaiki jalan yang rusak secara berkala, kemudian siap siaga, hingga antisipasi potensi bencana alam, seperti banjir, longsor dan lainnya.
 
Dia mengatakan, seluruh wilayah terutama jalan provinsi menjadi perhatian, mulai dari kondisi hingga kerawanannya. Ada sejumlah wilayah yang menjadi potensi kerawanan karena aktivitas tinggi, yakni sebanyak 10 ruas jalan provinsi seperti Jalan Bukit Liti-Bawan-Kurun.

Baca juga: Gubernur Kalteng instruksikan penyediaan gerai vaksin hadapi mudik
 
Kemudian jalur jalan Pulang Pisau-Pangkoh-Bahaur, Kapuas-Palingkau-Dadahup -Lamunti. Wilayah Timur, di antaranya Patung-Hayaping-Bentot dan lainya. Wilayah Sampit, Ujung Pandaran, Pelantaran, Parenggean-Sangai, wilayah Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, serta untuk Kota Palangka Raya di seputaran lingkar luar.
 
“Secara berkala sudah ada yang berjalan dikerjakan dan tahap perbaikan untuk pemantapan jalan serta fungsional. Sehingga tujuh hari sebelum dan sesudah Lebaran masyarakat nyaman, serta aman dan lancar saat perjalanan," katanya.
 
Lebih lanjut Shalahuddin mengatakan, pihaknya juga akan meninjau langsung ke sejumlah wilayah bersama gubernur untuk melihat kondisi jalan serta aktivitas masyarakat.

Baca juga: Penumpang mudik Lebaran di Kalteng diprediksi naik 20 persen
 
"Gubernur ingin memastikan keselamatan serta kenyamanan masyarakat selama melakukan perjalanan dalam periode Lebaran ini," katanya.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022