... sudah siapkan semuanya, jurnalis yang terdaftar sejauh ini 1.750 orang. Sementara di Pusat Media disediakan sekitar 300 komputer yang seluruhnya terkoneksi dengan jaringan internet...
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Gelaran KTT ASEAN dan KTT Terkait menjadi satu magnet pemberitaan nasional dan internasional. Panitia Penyelenggara menyatakan kesiapan aktivitas peliputan bagi sekitar 2.000 jurnalis dari berbagai negara yang akan meliput peristiwa penting itu.

"Kami sudah siapkan semuanya, jurnalis yang terdaftar sejauh ini 1.750 orang. Sementara di Pusat Media disediakan sekitar 300 komputer yang seluruhnya terkoneksi dengan jaringan internet," kata penanggung jawab bidang media massa Panitia Penyelenggara, Gatot Dewa Broto.

Di bagian pendaftaran media massa di Hotel Melia, Kawasan Nusa Dua, puluhan petugas siap melayani kepastian pembuatan kartu identitas khusus bagi jurnalis yang akan meliput. Terlebih dulu menunjukkan kode verifikasi yang dikeluarkan Panitia Penyelenggara melalui surat elektronika.

Beberapa negara dipastikan menugaskan jurnalisnya dalam jumlah besar untuk meliput pertemuan puncak regional, yang di mata mereka dipandang sangat penting dan strategis ini. Jepang sebagai contoh, ratusan jurnalisnya dari berbagai media massa setempat telah mendaftarkan diri melalui jaringan internet.

Pusat Media yang terletak di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) sudah mulai difungsikan. Puluhan jurnalis dari berbagai media massa nasional dan internasional sudah bekerja memakai berbagai fasilitas di Pusat Media itu.

Arena yang dipakai dalam KTT ASEAN dan KTT Terkait kali ini semuanya terletak di Kawasan Nusa Dua, yaitu BNDCC sebagai arena utama tempat upacara pembukaan dan penutupan serta pertemuan-pertemuan di tingkat kepala negara dan kepala pemerintahan, lalu Bali International Convention Centre untuk arena sejenis pada forum berbeda, dan Pulau Peninsula untuk gelaran luar ruang. (*)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011