Nusa Dua (ANTARA  News) - Para pejabat tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua hari terakhir ini intensif menyiapkan rancangan dokumen empat menjelang Pertemuan Puncak ke-19 ASEAN di Bali Nusa Dua Covention Center.

Dalam pernyataan persnya, Minggu,  Kementerian Luar Negeri, Minggu mengungkapkan, para pejabat tinggi ASEAN akan bertemu pada 13-14 November 2010 yang adalah pertemuan pendahuluan sebelum Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pada 15 November, pertemuan ke-6 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN pada 16 November, dan KTT ke-19 ASEAN serta KTT Terkait lainnya pada 17-19 November.

Para pejabat tinggi ASEAN akan membahas empat rancangan dokumen meliputli Deklarasi Bali mengenai Komunitas ASEAN dalam Komunitas Global Bangsa-Bangsa (Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nations).

Lalu kedua, Deklarasi KTT Asia Timur mengenai Prinsip-Prinsip Hubungan yang Saling Menguntungkan.

Ketiga, Deklarasi KTT Asia Timur mengenai Konektivitas ASEAN, dan keempat Deklarasi Bersama mengenai Kemitraan Komprehensif antara ASEAN dan PBB.

Para pejabat tinggi ASEAN juga akan membahas rencana pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi ASEAN, implementasi Deklarasi Tata Perilaku Pihak-Pihak dalam Laut China Selatan, Visa Bersama ASEAN dan Target Tahunan Pengembangan Komunitas ASEAN.

Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan. Djauhari adalah juga Ketua SOM ASEAN-Indonesia.(*)

G003/F001

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011