Dari pantauan kami semuanya cukup bagus. Artinya neraca ketersediaan dengan kebutuhan tidak ada yang kurang.
Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian memastikan persediaan 12 bahan pangan pokok di Daerah Istemewa Yogyakarta aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran 2022.

"Dari pantauan kami semuanya cukup bagus. Artinya neraca ketersediaan dengan kebutuhan tidak ada yang kurang," kata Direktur Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Yuris Tiyanto seusai membuka Pasar Murah di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Selasa.

Sebanyak 12 kebutuhan pokok yang dipastikan aman terdiri atas beras, kedelai, jagung, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, serta minyak goreng.

Baca juga: Jabar kucurkan Rp15 miliar untuk subsidi pasar sembako murah

Ia mengatakan untuk memastikan keamanan stok pangan menjelang Lebaran 2022, menurut Yuris, Kementan melakukan kegiatan monitoring secara rutin hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Apabila ditemui stok pangan yang mengalami kelangkaan, ia memastikan Kementan bakal melakukan intervensi dengan mendatangkan stok dari daerah yang surplus.

Meski seluruh persediaan dipastikan aman, Kementan menggelar Pasar Murah di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY untuk lebih mendekatkan 12 bahan pangan pokok kepada masyarakat mulai 26 hingga 28 April 2022.

"Dengan mendekatkan komoditas pangan di masyarakat diharapkan harganya otomatis turun," kata Yuris.

Baca juga: Disperindag DIY gelar pasar murah jaga stabilitas harga sembako

Selain menyediakan 12 bahan pangan pokok, Kementan juga menggelontorkan stok kedelai sebanyak dua ton dari sentra kedelai Grobogan, JawaTengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya para perajin tahu/tempe DIY dengan harga terjangkau.

"Kedelai yang kami salurkan ini adalah kedelai lokal dan harganya di bawah harga pasar," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto menuturkan bahwa kondisi stok 12 komoditas strategis di DIY aman hingga pertengahan 2022.

"Tiga hari ini kami akan mengadakan evaluasi terkait kegiatan pasar murah, jika animo tinggi akan kami lakukan secara rutin tiap bulan," ujar Sugeng Purwanto.
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022