Purwokerto (ANTARA) - Kedatangan maupun keberangkatan pemudik di Terminal Bus Tipe A Bulupitu, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa atau H-6 Lebaran 2022 masih terpantau landai.

"Kondisi masih normal, belum ada lonjakan. Fluktuatifnya masih seperti karateristik bulanan," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Bus Tipe A Bulupitu Antonius Bayu Setiawan di Purwokerto, Selasa.

Ia menjelaskan kedatangan dan keberangkatan penumpang di Terminal Purwokerto pada Minggu (24/4) mengalami kenaikan, namun pada Senin (25/4) kembali turun.

Menurut dia, kondisi tersebut belum ada kaitannya dengan mobilitas pemudik dan masih relatif menunjukkan rata-rata bulanan perjalanan orang.

"Kalau pemudik saya rasa baru mulai berdatangan pada hari Kamis (28/4)," katanya.

Baca juga: Puluhan pengemudi bus Terminal Purabaya Surabaya ikuti tes urine

Disinggung mengenai kesiapan armada di Terminal Bulupitu pada masa Angkutan Lebaran 2022, Bayu mengakui jika belum mendata karena pihaknya berencana mengumpulkan seluruh operator bus pada Kamis (28/4) untuk membahas persiapan armada.

Menurut dia, hal itu disebabkan pada masa menjelang Lebaran, rata-rata armada bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dibawa ke daerah keberangkatan pemudik, khususnya Jabodetabek dan sekitarnya untuk persiapan arus mudik.

"Kalau kami menyiapkan di arus baliknya. Hari Kamis (28/4), kami akan kumpulkan operator untuk menanyakan kesiapan, sehingga kami belum bisa memastikan berapat jumlah armadanya," katanya.

Kendati demikian, dia optimistis armada reguler yang selama ini melayani penumpang di Terminal Bulupitu masih mampu mengangkut pemudik pada masa arus balik Lebaran 2022.

Baca juga: Ratusan pemudik mulai berangkat dari Terminal Bekasi

Menurut dia, hal itu disebabkan jumlah rata-rata armada reguler AKAP di Terminal Bulupitu sebanyak 250 unit per hari, sedangkan bus reguler antarkota dalam provinsi (AKDP) sekitar 200 unit per hari.

"Mayoritas armada AKAP reguler di Terminal Bulupitu melayani penumpang tujuan Jakarta dan kota-kota di sekitarnya," kata dia.

Selain Jakarta dan sekitarnya, armada AKAP reguler di Terminal Bulupitu juga melayani penumpang tujuan Banjar Patroman, Tasikmalaya, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan sebagainya.

Untuk armada AKDP reguler melayani penumpang tujuan Cilacap, Wonosobo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus, Solo, dan sejumlah kota lainnya di Jawa Tengah. 

Baca juga: Seluruh armada mudik Terminal Simpang Nangka laik jalan
Baca juga: Perusahaan Otobus tak boleh angkut penumpang di luar terminal

Pewarta: Sumarwoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022