Jika dibandingkan kondisi satu bulan terakhir, kedatangan dan keberangkatan penumpang di Stasiun Besar Purwokerto pada masa arus mudik mengalami peningkatan.
Purwokerto (ANTARA) - Kedatangan penumpang kereta api di Stasiun Besar Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada masa arus mudik Lebaran 2022 mulai meningkat, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ayep Hanapi.

"Jika dibandingkan kondisi satu bulan terakhir, kedatangan dan keberangkatan penumpang di Stasiun Besar Purwokerto pada masa arus mudik mengalami peningkatan," katanya di Purwokerto, Selasa.

Dalam hal ini, kata dia, rata-rata kedatangan penumpang kereta api yang turun di Stasiun Purwokerto selama satu bulan terakhir berkisar 1.500-2.000 orang per hari, sedangkan rata-rata keberangkatan atau penumpang yang naik kereta api berkisar 1.000-1.500 orang per hari.

Baca juga: Pemudik mulai padati Stasiun Senen

Ia mengatakan berdasarkan data sementara pemesanan tiket tercatat sebanyak 2.734 penumpang KA dari berbagai kota yang akan turun di Stasun Purwokerto pada H-6 Lebaran atau Selasa (26/4)

Volume penumpang yang akan turun di Stasiun Purwokerto itu terus meningkat dalam beberapa hari ke depan dengan angka terbanyak pada tanggal 30 April atau H-2 Lebaran yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik karena mencapai 4.053 orang.

Sementara itu arus mudik dari Stasiun Purwokerto menuju Jakarta maupun berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur diprakirakan akan mengalami peningkatan mulai H-4 Lebaran.

Baca juga: Tiket KA Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tersedia

Prakiraan tersebut berdasarkan data pemesanan tiket yang diketahui sebanyak 1.600 orang akan naik kereta api dari Stasiun Purwokerto menuju berbagai kota tujuan untuk keberangkatan tanggal 28 April 2022.

"Arus balik di Stasiun Purwokerto diprakirakan akan berlangsung mulai tanggal 3 Mei dengan puncaknya pada tanggal 4 Mei 2022. Berdasarkan data sementara tercatat sebanyak 2.407 orang yang telah memesan tiket keberangkatan tanggal 3 Mei dan 3.263 orang untuk keberangkatan 4 Mei dari Stasiun Purwokerto," kata Ayep.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022