Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPR Puan Maharani berharap obyek wisata The New Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dapat meningkatkan sektor pariwisata setempat.

"Kami berharap The New Kemukus, yang menjadi ikon baru Sragen, akan semakin meningkatkan pariwisata di Kabupaten tersebut," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dengan adanya obyek wisata yang memberi kesempatan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) itu, dia juga berharap The New Kemukus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Gunung Kemukus, Sragen.

"Harapannya agar percepatan ekonomi di Sragen juga akan kian meningkat," tambahnya.

Warga di sekitar Gunung Kemukus merasa antusias dengan peresmian The New Kemukus. Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, warga mengecat rumah mereka berwarna-warni agar menjadi Kampung Pelangi. Sedikitnya, ada 120 rumah di RT 002 Kedunguter dan RT 034 Gunungsari, Desa Pendem, yang akan dicat warna warni.

Pengelolaan The New Kemukus rencananya diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Sragen, dengan harapan tempat itu terintegrasi dengan pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Solo-Sangiran.

Baca juga: Ketua DPR resmikan proyek rumah air bersih-wisata The New Kemukus
Di area The New Kemukus juga akan terdapat museum edukasi yang diisi barang-barang lawas seperti payung, langse, gebyok, dan barang lain.

Puan sedang berada di Sragen dan dijadwalkan meresmikan The New Kemukus pada Rabu (27/4), sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Peresmian The New Kemukus menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Puan Maharani selama masa reses.

Puan melakukan sejumlah kegiatan di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen pada Selasa dan Rabu (27/4).

Selasa, Puan menghadiri pembukaan bimbingan teknis Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Hotel Sunan Solo dan meresmikan program air bersih bagi masyarakat Desa Gendayakan, Wonogiri. Dia juga akan mengecek pelaksanaan bedah rumah program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dusun Joho, Desa Giriwono, Wonogiri.

Sementara pada Rabu, sebelum meresmikan The New Kemukus, Puan diagendakan melakukan kunjungan ke Pasar Jongke, Kabupaten Karanganyar untuk meninjau langsung harga-harga kebutuhan pangan menjelang Lebaran.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022