Tren puncak kepulangan menjelang Idul Fitri itu biasanya satu pekan sebelum Idul Fitri dan sepekan setelahnya. Maka tepat pekan ini adalah pekan yang memang harus diantisipasi terkait peningkatan angka kepulangan yang pasti sangat tinggi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani memastikan pihaknya telah melakukan persiapan mengantisipasi kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah/Lebaran 2022 pekan ini, yang diperkirakan akan terjadi peningkatan kepulangan.

"Tren puncak kepulangan menjelang Idul Fitri itu biasanya satu pekan sebelum Idul Fitri dan sepekan setelahnya. Maka tepat pekan ini adalah pekan yang memang harus diantisipasi terkait peningkatan angka kepulangan yang pasti sangat tinggi," katanya dalam konferensi pers virtual persiapan kepulangan PMI jelang Idul Fitri, yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya juga akan terus bersiaga menghadapi peningkatan kepulangan satu pekan setelah Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada awal Mei 2022.

BP2MI memperkirakan akan terjadi kepulangan 12.134 pekerja asal Indonesia dari 24 negara yang kontrak kerjanya akan berakhir pada Mei 2022.

Menurut data BP2MI, kepulangan terbesar diperkirakan akan berasal dari Taiwan sebanyak 6.023 orang, 3.760 orang PMI dari Hong Kong, 1.741 orang dari Korea Selatan dan 610 PMI yang berasal dari 21 negara lainnya.

BPMI secara intensif terus melakukan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait peningkatan kepulangan tenaga kerja Indonesia yang diperkirakan terjadi jelang Lebaran.

Ia juga memastikan BP2MI telah menyiapkan petugas yang berasal dari 23 unit pelaksana tugas (UPT) BP2MI di bandara, pelabuhan serta pos lintas batas yang menjadi titik masuk kedatangan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke Tanah Air.

Langkah itu diambil salah satunya untuk memastikan keamanan pekerja Indonesia dari tindakan oknum yang ingin memanfaatkan kepulangan PMI seperti dalam bentuk pemerasan.

"Ini yang terus kita awasi sehingga kita juga berkoordinasi dengan seluruh aparat keamanan di setiap pintu masuk darat, laut, udara agar tidak ada upaya-upaya pemerasan kepada PMI," demikian Benny Rhamdani .


Baca juga: BP2MI antisipasi kepulangan 12.134 pekerja migran Indonesia

Baca juga: DPR apresiasi Kemenhub siapkan kapal laut bagi pekerja migran mudik

Baca juga: Jelang Idul Fitri, 64.811 pekerja migran telah kembali ke Indonesia

Baca juga: Menko PMK sebut Medan pintu masuk pekerja migran jelang Lebaran

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022