Keberadaan posko kesehatan guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.
Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan pelayanan konsultasi kesehatan hingga pijat relaksasi di tujuh posko yang tersebar di sepanjang jalur padat pemudik Lebaran 2022.

"Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun 2022 ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi COVID-19," kata Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan keberadaan posko kesehatan guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

Lokasi posko tersebut masing-masing berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM57, Rest Area Tol Ungaran KM429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Rest Area Banjaratma KM260B Brebes, dan Rest Area Cipali KM164B Majalengka.

Ia menjelaskan Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar mulai 26 April hingga 1 Mei 2022, serta tersedia selama arus balik mulai 4 hingga 8 Mei 2022.

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

“Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan, tentu dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan," katanya saat mengunjungi Posko Mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia mengatakan seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa dinikmati secara gratis. "Sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya," katanya.

Ia menambahkan BPJS Kesehatan juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” katanya.

Posko mudik BPJS Kesehatan, kata  Edwin Aristiawan , akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Turut meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Ia mengapresiasi BPJS Kesehatan atas kepedulian menyelenggarakan Posko Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman.

“Setelah dua tahun pandemi dan masyarakat tidak melaksanakan mudik, dapat dipastikan tahun ini antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mudik," katanya.

Ia mengatakan tujuan utama mudik adalah berkumpul dengan keluarga, sehingga perlu memperhatikan kesehatan dan keselamatan sampai tempat tujuan.

"Posko mudik ini sangat membantu masyarakat dengan berbagai fasilitas yang disediakan, pemudik yang memerlukan pemeriksaan, mencari informasi atau sekadar relaksasi bisa mengunjungi posko mudik ini,” demikian Ahmad Muhdlor Ali .

Baca juga: BPJS Kesehatan buka posko mudik di Terminal Pulo Gebang

Baca juga: Pemudik peserta BPJS bisa langsung dapat layanan IGD

Baca juga: BPJS Kesehatan siagakan dokter di posko mudik

Baca juga: Posko Mudik BPJS Karawang sediakan relaksasi

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022