Kami juga menghadirkan ahli pijat tuna netra untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik
 Makassar (ANTARA) - BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik tahun 2023 dengan menyiapkan pos layanan kesehatan bagi para penumpang yang akan diberangkatkan di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami juga menghadirkan ahli pijat tuna netra untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik," kata Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal saat peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Makassar, Selasa.

Menurut dia, secara khusus BPJS Kesehatan telah melibatkan penyandang disabilitas, dalam hal ini tuna netra, untuk membantu memberikan pelayanan kepada pemudik yang akan pulang kampung.

"Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat,” paparnya.

Baca juga: Posko Mudik BPJS Kesehatan gandeng ahli pijat tunanetra layani pemudik

Afdal menambahkan sebagai upaya menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap Program JKN kepada pemudik, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Pojok Mobile JKN.

Harapannya masyarakat bisa lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disiapkan BPJS Kesehatan ini, karena memiliki banyak fitur untuk memudahkan peserta mengakses layanan JKN.

Selain itu di Posko Mudik, para pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan. Juga terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

Posko mudik BPJS Kesehatan beroperasi selama 24 jam penuh dan dibagi atas tiga tim bertugas secara bergantian setiap delapan jam. "Tim terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans,” ujar Afdal.

Baca juga: BPJS Kesehatan dinilai cocok untuk masyarakat yang mudik Lebaran
Baca juga: DJSN imbau pemudik membawa kartu KIS dan BPJS saat mudik


 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023