Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak lima medali emas nomor Kyorugi (Tarung) Putra dan Putri kembali diperebutkan 33 taekwondoin dari sembilan negara Asia Tenggara pada ajang SEA Games XXVI, di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Senin.

Pada pertandingan hari ketiga kali ini, Indonesia yang diwakili oleh Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), menurunkan empat atletnya untuk bersaing di Kyorugi Putri di bawah 46 Kg oleh Nurul Asfahlina, Kyorgi Putra di bawah 87 Kg oleh Basuki Nugroho, Kyorugi Putri di bawah 53 Kg oleh Siska Permatasari, dan Kyorugi Putra di bawah 54 Kg oleh Ahmad Nabil.

"Satu nomor yang tidak kita ikuti kali ini adalah Kyorugi Putri di bawah 49 Kg karena peluang meaih emasnya kecil berdasarkan peta kekuatan lawan dan kemampuan atlet," kata Pelatih Taekwondo Indonesia, Budi Setiawan, di sela pertandingan.

Hingga berita ini dibuat, tiga taekwondoin Indonesia masing-masing Siska Permatasari, Fransisca Valentina dan Ahmad Nabil telah berhasil lolos dari babak penyisihan awal.

Siska unggul atas lawannya dari Philipina, Jyra Marie Lizardo dengan skor 6-2 di nomor Kyorugi Putri di bawah 53 Kg, Nabil unggul atas lawannya dari Malaysia, James Tee Chow Seng dengan skor 8-3, dan Fransisca unggul atas lawannya asal Thailand, Buttree Puedpong, di babak penentuan atau "sudden death".

Ketiganya lolos ke babak semi final menghadapi lawan dari Thailand (Nabil), Timor Leste (Fransisca), sementara lawan Siska di babak tersebut belum ditentukan.

"Kami optimistis bisa memperoleh minimal dua emas masing-masing dari nomor Putri di bawah 46 Kg dan Putra di bawah 87 Kg. Namun semua atlet yang tampil hari ini saya yakin memiliki kemungkinan besar untuk meraih emas," demikian Budi.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011