Tangerang (ANTARA) - Pengelola Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Banten menyiapkan penambahan bus untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang secara signifikan pada puncak arus mudik Lebaran 2022.

"Tak menutup kemungkinan akan ada penambahan armada bus jika terjadi lonjakan penumpang begitu signifikan," kata Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Alwien Athen di Tangerang Selasa

Saat ini, di Terminal Poris Plawad ada 80 agen bus yang melayani perjalanan mudik ke sejumlah kota tujuan, seperti Jawa Barat, Padang, Jawa Timur, hingga Sumatera Barat. Daerah-daerah tersebut saat ini mendominasi tujuan pemudik dari Kota Tangerang.

"Antusias masyarakat yang begitu tinggi setelah adanya izin dari pemerintah untuk melakukan perjalanan mudik, terlihat dari jumlah harian pemudik," ujarnya.

Saat ini rata-rata penumpang di Terminal Poris Plawad yang akan melakukan perjalanan mudik mencapai sekitar 1.000 orang. Diperkirakan jumlah pemudik melalui terminal setempat mencapai tiga ribu orang pada puncak arus mudik.

Oleh karena itu, pengelola Terminal Poris Plawad terus melakukan evaluasi kesiapan sarana dan prasarana guna memberikan kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

“Pastinya, Terminal Poris Plawad berusaha memberikan fasilitas dan kenyamanan yang maksimal, mulai dari pengecekan kelayakan bus hingga protokol kesehatan yang terus diperketat,” katanya.

Baca juga: Penumpang keluhkan kenaikan harga tiket bus di Kampung Rambutan

Ia mengimbau para pemudik disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga aktivitas mudik lancar dan tetap sehat hingga pulang kembali.

“Terminal Poris Plawad pun terus memastikan seluruh armada bus yang beroperasi telah menjalankan prokes dari pemerintah. Begitu juga dengan protokol mulai dari cek suhu, cuci tangan, penyemprotan disinfektan, dan mewajibkan penumpang dan sopir memakai masker,” ujarnya.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang memprediksi puncak arus mudik pada H-10 Lebaran 2022, baik melalui terminal, bandara, maupun perjalanan darat.

Pihaknya telah menggelar pengetesan kelayakan kendaraan pengangkut pemudik di Terminal Poris sejak 5 April 2022 dengan rencana hingga Lebaran mendatang.

"Jika ditemukan kendaraan yang tidak layak jalan maka kendaraan tersebut tidak diberikan izin keberangkatan," kata Kadishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar.

Baca juga: Sopir bus mudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo ikuti tes urine
Baca juga: Kedatangan pemudik di Terminal Bus Purwokerto masih landai
Baca juga: Pergerakan pemudik di Terminal Rajabasa masih landai

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022