Karawang (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan agar para pemudik dapat memanfaatkan pos pengamanan dan pelayanan yang berada di jalur mudik untuk tempat beristirahat.

"Kami mengimbau agar pos-pos yang ada di jalur mudik bisa manfaatkan pemudik untuk beristirahat. Karena berkendara secara menerus itu berbahaya, dan bisa memicu terjadinya kecelakaan," katanya, usai meninjau rest area KM 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Selasa.

Ia menyampaikan, pihaknya telah melakukan pengecekan untuk mengetahui langkah yang akan dilaksanakan seluruh anggota dalam mengatasi potensi kemacetan arus mudik.

Baca juga: Kapolri apresiasi masyarakat mudik lebih awal

Pihaknya juga menyampaikan agar masyarakat mudik lebih cepat. Sehingga pada H-4 lebaran nanti tidak terjadi kemacetan parah. Seperti pada musim mudik lebaran sebelumnya, terjadi kepadatan pada H-4 lebaran.

Disampaikan, bagi masyarakat yang sudah libur, agar mudik lebih dulu, untuk menghindari kemacetan di waktu-waktu menjelang lebaran.

"Proses rekayasa lalu lintas ganjil genap, contra flow dan one way telah disiapkan, untuk memastikan arus mudik berjalan lancar," kata dia.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pengamanan mudik lebaran, di rest area KM 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Selasa.

Rombongan Kapolri dan para menteri mengunjungi rest area di wilayah Kabupaten Karawang tersebut dengan menaiki helikopter.

Pada kesempatan itu, Kapolri dan para menteri meninjau kesiapan pengamanan mudik lebaran di sekitar rest area KM 57, seperti meninjau kesiapan stok BBM, teknis penanganan arus lalu lintas dan lain-lain.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menjelaskan di depan Kapolri dan para menteri terkait dengan adanya pelayanan vaksinasi booster di KM 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Disebutkan kalau antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi booster cukup tinggi. Itu seiring dengan adanya ketentuan dari pemerintah agar warga yang mudik melakukan vaksinasi booster.

Sementara pihak Pertamina di rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek menjelaskan kalau pada musim mudik lebaran tahun ini dipastikan stok BBM aman.

Pihak Pertamina menyiapkan sejumlah antisipasi dalam menangani permasalahan stok BBM, seperti menurunkan motoris untuk membantu pemudik yang kehabisan BBM di jalan.

Baca juga: Kapolri dan tiga menteri tinjau Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Kapolri siagakan tim pengawal pemudik untuk cegah aksi begal
Baca juga: Kapolri: Terjadi pergeseran arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022