Berikut sajian berita bidang hukum yang dirangkum LKBN ANTARA.
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang hukum terjadi di Indonesia pada Selasa (26/4), mulai dari Kapolri siagakan tim pengawal pemudik untuk cegah aksi begal, hingga KPK tetapkan tiga tersangka kasus pengadaan tanah SMKN 7 Tangsel.

Berikut sajian berita bidang hukum yang dirangkum LKBN ANTARA.


Kapolri siagakan tim pengawal pemudik untuk cegah aksi begal

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyiagakan tim atau satgas yang siap mengawal para pemudik di wilayah-wilayah rawan begal saat melakukan perjalanan di Sumatera.

"Hari ini, Selasa (26/4) dipaparkan oleh wilayah Polda Banten dan Lampung bahwa di wilayah Lampung sudah disiapkan tim atau satgas yang khusus untuk mengawal terkait kemungkinan terjadinya aksi-aksi begal," ujar Kapolri di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Selasa (26/4).

Selengkapnya baca di sini.


Polri keberangkatan 1.041 pemudik program mudik gratis

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi, melepas keberangkatan 26 bus yang memuat 1.041 pemudik melalui program ‘Mudik Gratis Polri 2022’ dari Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/4).

“Program mudik gratis ini diadakan sebagai bakti Polri terhadap masyarakat,” kata dia.

Selengkapnya baca di sini.


Hakim PN Bandung tolak eksepsi Bahar Smith soal kasus hoaks

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung menolak eksepsi atau nota keberatan yang diajukan terdakwa Bahar Smith atas kasus penyebaran hoaks yang menjerat pendakwah tersebut.

Ketua Majelis Hakim PN Bandung Dodong Iman Rusdani mengatakan pihaknya menerima permintaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menolak eksepsi Bahar Smith karena eksepsi itu dinilai tidak berdasar.

Selengkapnya baca di sini.


Menaker: Pemerintah jadikan sektor UMKM prioritas utama PEN

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjadikan sektor UMKM prioritas utama dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kata n Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/4), saat memberikan sambutan pada acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Gema Ramadhan Bersama UMKM Kartini Jawa Timur" secara virtual, Menaker menyebut pandemi COVID-19 memberikan pukulan berat pada perekonomian, termasuk bagi sektor UMKM.

Selengkapnya baca di sini.


KPK tetapkan tiga tersangka kasus pengadaan tanah SMKN 7 Tangsel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan (Tangsel) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2017.

"Dari berbagai sumber informasi maupun data ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, selanjutnya KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke penyidikan pada Agustus 2021 dengan menetapkan tersangka," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/4).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022