jangan pernah takut berkompetisi
Malang (ANTARA) - Dua mahasiswa Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Syi’ar Aprillia Tanazza dan Lina Mitsalina Erawati meraih best speaker dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Fisioterapi (PIMAF) yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI).

Perwakilan Tim Fisioterapi UMM, Syi’ar Aprillia dalam rilis yang diterima di Malang, Rabu, menyebutkan bahwa paper penelitian yang diikutsertakan pada perlombaan ini berjudul "Analisis FIntervensi Fisioterapi pada Penyakit Parkinson Menggunakan Vosviewer".

Paper itu menjelaskan terkait penyakit parkinson disease serta cara pencegahan dan penyembuhannya. Parkinson desease adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf yang  mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan dan mengontrol gerakan.

“Selain itu, parkinson ini memiliki efek nyeri otot dan tremor pada tubuh. Biasanya parkinson menyerang dan diderita mereka yang berumur 50 tahun ke atas,” jelasnya.

Baca juga: Vokasi UI buka layanan fisioterapi dan okupasi terapi
Baca juga: Ganjar mencoba layanan fisioterapi di RSMS Purwokerto

Ada tiga terapi untuk parkinson, baik untuk mencegah maupun menyembuhkan. Pertama, intervensi konvesional yang lebih memaksimalkan kemampuan fisioterapis dan latihan penguatan.

Selanjutnya intervensi modern yang mengedepankan teknologi yang dapat memulihkan syaraf, salah satunya infra merah dan terakhir adalah intervensi musik dan menari yang menjadi inovasi pengobatan parkinson di Indonesia. Para pasien diajak menari dengan mengikuti irama musik yang memberikan efek rileks untuk syaraf.

“Intervensi musik dan tari ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan tari lokal Indonesia, mengingat intervensi ini baru dilakukan di Argentina dengan tari Tango,” ucapnya.

Baca juga: Vokasi UI juara pertama lomba poster ikatan fisioterapi Indonesia
Baca juga: Menristekdikti dukung pendirian program studi magister fisioterapi pertama indonesia

Mahasiswa asli Sumbawa ini menceritakan bahwa selama presentasi, ia dan tim tidak mengalami kegugupan dan sudah menyiapkan persiapan matang, mulai dari pendalaman materi, penguasaan panggung, dan yang paling penting adalah upaya untuk memberikan pemahaman bagi audiens.

Persiapan tersebut pun tidak sia-sia, bahkan membuahkan hasil dengan predikat best speaker pada ajang PIMAF ini. Namun, bukan berarti keberhasilan tersebut tanpa diiringi dengan halangan. Salah satu yang ditemui adalah kurangnya penelitian terbaru yang mengkaji materi terkait.

Ia berharap intervensi musik dan tari ini bisa dikembangkan dan diaplikasikan di Indonesia. Apalagi, Indonesia memiliki budaya tari yang bermacam-macam. Sehingga, dapat meningkatkan kesembuhan penderita parkinson. Ia berharap semangat penelitian dan belajar tetap membara dalam diri mahasiswa.

“Jangan pernah takut berkompetisi, karena dengan ajang itulah kita bisa mengukur kemampuan diri serta mengetahui luasnya dunia. Selain itu, kita bisa meningkatkan dan memperbaiki diri, sehingga mampu berprestasi,” ujarnya.

Baca juga: Menko PMK dorong wisudawan UMM taklukkan era perangkat lunak 2.0
Baca juga: UMM kukuhkan profesor pertama bidang Ilmu Komunikasi Media Warisan

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022