Hari ini semua truk yang membawa motor pemudik akan tiba di Giwangan. Hingga siang ini sudah ada dua yang masuk dan menyusul truk-truk lain sampai nanti malam
Yogyakarta (ANTARA) - Truk yang mengangkut puluhan motor milik pemudik mulai tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta, begitu pula dengan kereta yang membawa motor pemudik juga tiba di beberapa stasiun kedatangan di Daop 6 Yogyakarta.

"Hari ini semua truk yang membawa motor pemudik akan tiba di Giwangan. Hingga siang ini sudah ada dua yang masuk dan menyusul truk-truk lain sampai nanti malam," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Rabu.

Terminal Giwangan Yogyakarta akan menerima kedatangan delapan truk yang mengangkut total 233 sepeda motor milik pemudik. Masing-masing empat truk dari DKI Jakarta dengan 120 unit dan sisanya dari Kementerian Perhubungan.

"Truk yang membawa sepeda motor milik pemudik ini diberangkatkan lebih awal dibanding pemudiknya. Jadi, begitu pemudik tiba di Giwangan sudah bisa membawa motor mereka," katanya.

Pemudik dari program mudik gratis Pemerintah DKI Jakarta diberangkatkan pada Rabu (27/4) dengan 40 bus atau sekitar 1.600 penumpang.

Sedangkan dari Kementerian Perhubungan akan diberangkatkan pada 28-29 April dengan 46 unit bus atau sekitar 1.600 penumpang dan dari Jasa Raharja memberangkatkan 20 bus yang akan tiba Rabu (27/4) malam.

Sedangkan di sejumlah stasiun Daop 6 Yogyakarta untuk program angkutan motor gratis juga mulai datang yaitu 19 sepeda motor di Stasiun Lempuyangan, tujuh unit di Stasiun Klaten, dan 18 unit di Stasiun Purwosari.

Jumlah sepeda motor yang akan diturunkan di Daop 6 Yogyakarta diperkirakan akan terus meningkat dan puncaknya pada Jumat (29/4).

"Angkutan motor gratis ini dilayani dengan kereta barang yang jadwal keberangkatannya berbeda dengan jadwal kereta penumpang. Di Daop 6 ada tiga stasiun kedatangan yaitu Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari," kata Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Supriyanto.

Program angkutan motor gratis dapat diakses oleh pemudik yang sudah memiliki tiket mudik, baik tiket kereta api, bus, atau travel. Total kuota yang disiapkan sebanyak 9.280 unit sepeda motor.

Baca juga: Pelni kerahkan 2 kapal untuk program mudik gratis sepeda motor

Baca juga: DJKA: 7013 angkutan motor gratis masih tersedia

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022