Semua jalur terpantau lancar, baik di jalur arteri maupun tol
Cirebon,Jabar (ANTARA) - Kapolresta Cirebon, Jawa Barat Kombes Pol Arif Budiman mengatakan setelah melakukan pengecekan arus lalu lintas di jalur arteri Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Jawa  Barat dan jalan tol pada mudik Lebaran 2022, pada Rabu (27/4) dipastikan semua lancar, meskipun ada keramaian kendaraan dari arah Jakarta.

"Semua jalur terpantau lancar, baik di jalur arteri maupun tol," katanya di Cirebon, Rabu.

Ia mengatakan saat ini kendaraan dari arah Jakarta memang sangat mendominasi, baik di jalur tol maupun arteri, namun dapat dipastikan semua dalam kondisi aman, tidak ada kemacetan sama sekali.

Menurutnya jika terjadi kemacetan, pihaknya telah menyiagakan ribuan personel yang disebar di sejumlah titik pos, baik pengamanan, pelayanan maupun terpadu.

Pada saat dilakukan pengecekan di Jalur Arteri Susukan Kabupaten Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu, semua dalam keadaan aman, begitu juga di Pos Pengamanan Susukan, Pos Gate Tol Palimanan, Pos Pengamanan Palimanan, dan Pos Pengamanan Rest Area 228A.

"Kami melaksanakan pengecekan kondisi arus lalu lintas di jalur arteri serta kesiapan petugas dan Pos Pengamanan dalam rangka pelaksanaan pengamanan arus mudik Lebaran Tahun 2022 di Wilayah Hukum Polresta Cirebon," katanya.

Selama arus mudik, terdapat 2.600 personel gabungan yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2022. Terdiri dari personel Polri dan sisanya dari Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dishub, Satpol PP, Dinkes, dan lainnya.

Ia mengatakan, para personel gabungan tersebut disiagakan di 16 posko pelayanan maupun posko pengamanan yang tersebar di wilayah hukum Polresta Cirebon. Adapun lokasinya sebanyak 3 (tiga) posko di jalur tol, dan 13 (tiga belas) posko di jalur arteri.

"Posko di jalur arteri juga tersebar dari mulai perbatasan Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah. Kami memastikan seluruh personel yang terlibat siap melayani masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya dan melintasi Kabupaten Cirebon," demikian Arif Budiman.

Baca juga: Polresta Cirebon siagakan dua tim urai di arteri saat ganjil genap

Baca juga: Ratusan tenaga kesehatan disiagakan di jalur mudik Cirebon

Baca juga: Pengelola Goa Sunyaragi Cirebon buka tempat istirahat bagi pemudik

Baca juga: Transaksi pembayaran GT Palimanan Cirebon ditiadakan selama mudik

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022