Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kota Sehat 2011 Tingkat Pemantapan dari Pemerintah.

"Swasti Saba merupakan modal awal bagi Kota Padang untuk meraih kembali Piala Adipura pascagempa berkekuatan 7,9 SR pada 30 September 2009," kata Kepala Bidang Humas Pemkot Padang Richardi Akbar dalam keterangannya di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kota Sehat 2011 merupakan keikutsertaan Kota Padang ditahun ke-empat dalam Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan dalam kurun waktu sekali dua tahun.

"Pada lomba tersebut Padang mengikuti sembilan tatanan yang diperlombakan yakni kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, disamping kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat," katanya.

Selain itu kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih kepada Wakil Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Gedung Siwabesi Prof. Dr. Sujudi Kementrian Kesehatan RI Jakarta, Senin malam (14/11).

"Swasti Saba merupakan modal awal bagi Kota Padang untuk meraih kembali Piala Adipura pascagempa 2009, . dan Kota Padang bangkit dan menata kembali pembangunan fisik, pembangunan ekonomi dan pembangunan karakter generasi muda," ujarnya. (F011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011