para menteri menyambut baik minat dan aplikasi resmi Timor Leste"
Nusa Dua (ANTARA News) - Para Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN sepakat menyambut baik proposal Timor Leste untuk menjadi anggota asosiasi negara-negara Asia Tenggara.

"Pada tingkat Menlu, para menteri menyambut baik minat dan aplikasi resmi Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada wartawan di lokasi KTT ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali, Rabu malam.

Marty menjelaskan, proposal Timor Leste dibahas dalam pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN yang akhirnya sepakat menyambut baik permohonan Timor Leste setelah sejumlah pertanyaan tajam muncul selama diskusi.

Sesuai dengan pasal 6 Piagam ASEAN, katanya, masalah keanggotaan sebuah negara harus diputuskan dalam pertemuan puncak antar kepala negara.

"Yang mengusulkan kepada kepala negara adalah Dewan Koordinasi ASEAN," kata Marty yang memimpin rapat dewan tersebut.

Dewan Koordinasi ASEAN sepakat mengusulkan kepada para kepala negara/pemerintahan ASEAN untuk membentuk kelompok kerja yang akan membahas permohonan Timor Leste secara khusus dan rinci.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah bertemu dengan Presiden Timor Leste Ramos Horta dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, pagi tadi.

Ramos Horta meminta Ketua ASEAN, Presiden Yudhoyono, mendukung niat Timor Leste yang telah menyampaikan permohonan resmi kepada Sekretariat ASEAN dan kepada Ketua ASEAN.(*)

F008/R010

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011