Lonjakan ini sudah cukup mampu diantisipasi
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan instansi terkait lain dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Tanjungkalian Mentok.

"Kami harapkan bisa memberikan pelayanan prima, terutama dalam mengurai kepadatan kendaraan yang tahun ini mengalami lonjakan luar biasa dibandingkan tahun lalu," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, untuk distribusi logistik dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, bahkan untuk tahun ini tercatat mengalami peningkatan 67,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Lonjakan ini sudah cukup mampu diantisipasi oleh kawan-kawan di Bangka Barat dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Babel sediakan bus gratis bagi mahasiswa di Pulau Bangka
Baca juga: Babel buka "buffer zone" urai kepadatan kendaraan mudik

Menurut Erzaldi, berbagai persiapan yang sudah dilakukan antara lain adanya terminal penyangga sebagai tempat parkir mobil sementara untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang terparkir di jalan raya.

Di terminal penyangga tersebut juga disiapkan petugas untuk memeriksa kelengkapan administrasi perjalanan, juga disediakan tempat istirahat, toilet, mushala dan restoran, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang.

Erzaldi mengakui masih ada beberapa kekurangan dan akan berupaya membantu menambah jumlah toilet.

"Di lokasi itu sudah disiapkan 15 unit toilet, namun kemungkinan masih kurang. Untuk itu kami akan mengomunikasikan ini ke Kepala BPBD Babel untuk memasang WC portabel," katanya.

Selain itu, Gubernur juga akan menjalin komunikasi dengan pihak PLN terkait penerangan agar di lokasi itu tidak terjadi kekurangan penerangan yang bisa menjadi pemicu munculnya hal yang tidak diinginkan.

"Pada dasarnya Pemprov Babel mendukung apa yang dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Polda Babel mendirikan 22 posko pengamanan mudik Lebaran 2022
Baca juga: Polres Bangka Tengah menerjunkan 77 personel pengamanan Lebaran

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022