Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Hary Agung Tjahyadi mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan serta sosialisasi protokol kesehatan kepada penumpang dan pengemudi motor air.

"Dinas Kesehatan Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan pengemudi angkutan air dan penumpang di Dermaga Kapuas Indah dan Pelabuhan Seng Hie Pontianak. Satu persatu penumpang angkutan air diperiksa kesehatannya dengan mengecek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat," kata Hary di Pontianak, Kamis.

Selain itu, pihaknya juga membagikan masker sekaligus sosialisasi protokol kesehatan.

Hary menambahkan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di terminal keberangkatan untuk angkutan darat. Petugas berjaga di pos-pos pelayanan terpadu yang dibuka selama mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Sebanyak 3.056 personel gabungan amankan Idul Fitri di Kalbar

Baca juga: Kapolda Kalbar instruksikan jajarannya sosialisasikan syarat mudik


Pos pelayanan terpadu ini dibuka sejak tanggal 25 April hingga 8 Mei 2022. Petugas medis bersiaga selama mudik bersama aparat TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

"Termasuk di bandara dan pelabuhan yang aktivitas mudik keluar Kalbar, kami bergabung dengan kantor kesehatan pelabuhan dan bandara," tuturnya.

Hary menjelaskan pemerintah memberikan izin mudik tahun ini karena melihat jumlah kasus COVID-19 yang melandai. Kondisi ini terjadi hampir terjadi di seluruh provinsi se-Indonesia.

Pertimbangan lainnya gelombang ketiga dianggap menjadi yang terakhir dalam rangkaian pandemi COVID-19.

"Baik Omicron maupun sub varian Omicron BA2, menjadi yang terakhir dan belum ada sub varian baru lagi. Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melaksanakan vaksinasi V1, V2 dan V3," katanya.*

Baca juga: Polda Kalbar: 82 pemudik yang reaktif lakukan isolasi mandiri

Baca juga: Tiga orang pemudik ke Sintang terdeteksi positif COVID-19

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022