...Saya berharap ASEAN Fair bisa digelar di tempat-tempat lain...
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Meminjam bahasa Indonesia umum, lumayan..... Itu kira-kira yang terjadi pada Pekan ASEAN bermotto Hello ASEAN kali ini. Dengan pengunjung 40.000 orang, jumlah transaksi yang terjadi mencapai Rp300 juta. Transaksi itu ada macam-macam, ada yang untuk benda kerajinan dan kreatif, dan ada di luar jenis benda-benda itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, di sela KTT Ke-19 ASEAN, di Nusa Dua, Bali, Kamis, menjelaskan, kedua kategori angka itu didapat data 1-14 November 2011. Jumlah kunjungan terbanyak biasanya mencapai puncak setiap akhir pekan ketika digelar berbagai pertunjukan musik dan seni lainnya.

Pekan ASEAN hanya "pancingan", bisa dikatakan begitu. Karena yang lebih penting adalah kontak bisnis di antara pengusaha dan pihak-pihak yang berkepentingan di luar negeri. Bukankah ini yang menjadi target pendekatan people to people di dalam kerangka ASEAN? 

"Saya berharap ASEAN Fair bisa digelar di tempat-tempat lain," kata Mari.

Pekan ASEAN menjadi aktivitas tambahan luar ruang yang menjadi satu hal menarik dan menyenangkan bagi pengunjung dan peserta delegasi. Walau lokasinya di ujung Resort Nusa Dua, Bali, namun jumlah pengunjungnya cukup luamayan. (*)


Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011