Manado (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara mendirikan sebanyak 14 posko Lebaran untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemudik yang melintas.

"Sebanyak 14 posko yang kami dirikan itu berada di ruas-ruas jalan nasional," kata Kepala BPJN Sulut Hendro SM Kamaludin di Manado, Kamis.

Posko-posko yang didirikan tersebut, kata dia, sebagian besar tunggal yang hanya ditempati BPJN Sulut sendiri, sisanya bekerja sama dengan instansi terkait lainnya.

Baca juga: BPJN Sulut: PT MSM/TTN akan bangun jalan putus di Pinasungkulan

"Seperti posko yang didirikan di 'rest area' Tomohon, di situ bekerja sama dengan beberapa instansi," katanya menjelaskan.

Selain personel, lanjut dia, di posko-posko tersebut juga dilengkapi dengan alat berat yang sewaktu-waktu bisa dimobilisasi dalam keadaan darurat.

Misalnya terjadi longsor, alat berat bisa segera dimobilisasi ke lokasi longsor.

Baca juga: BPJN Sulut lakukan gerakan penanaman pohon di KSPN Likupang

"Posko ini didirikan adalah bagian dari memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemudik atau pengguna jalan. Jalan juga kita sudah benahi, drainase dan bahu jalan sudah kami bersihkan," katanya.

Dia berharap pengguna jalan terus memperhatikan kondisi cuaca agar perjalanan tidak terganggu.

Baca juga: BPJN Sulbar pastikan akses transportasi jalan trans Sulawesi lancar

"Kalau hujan deras, perjalanan bisa ditunda beberapa waktu sampai hujannya mereda. Begitupun ketika melintas di daerah-daerah yang rawan longsor. Tak kalah pentingnya adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas," katanya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022