Palembang (ANTARA News) - Petenis putra nomor satu Indonesia Christopher Rungkat harus melalui "tiebreak" untuk membukukan tempat pada perempat final tenis SEA Games 2011.

Tampil di hadapan pendukungnya di Stadion Tenis Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Kamis, unggulan kedua tersebut mengalahkan lawan pertamanya Kenny Bun dari Kamboja, 6-4, 7-6(3) dalam waktu sekitar dua jam.

Kedua pemain mengawali set pertama dengan mempertahankan servis masing-masing hingga Kenny memimpin 3-2.

Petenis Kamboja peringkat 1129 tersebut kemudian mematahkan servis pemain Indonesia yang akrab disapa Christo itu pada game keenam untuk memimpin 4-2.

Namun Christo menanggapinya dengan balas mematahkan servis Kenny berturut-turut dan mempertahankan servisnya dua kali untuk menutup set pertama 6-4.

Pada set kedua, kedua pemain bermain imbang hingga kedudukan 3-3 dengan saling mematahkan servis pada game ketiga dan keempat.

Beberapa kesalahan sendiri yang dakukan Kenny, termasuk mengawali game dengan kesalahan ganda menambah angka bagi Christo yang merebut game ketujuh untuk memimpin 4-3.

Christo yang pada pertandingan beregu juga mengalahkan Kenny, nyaris menutup pertandingan ketika ia mempertahankan servisnya dan memimpin 40-30 saat Kenny memegang servis pada game kesembilan.

Namun petenis Kamboja menggagalkannya dan bahkan mematahkan servis Christo untuk menyamakan kedudukan 5-5.

Kedua pemain kemudian saling bertahan untuk memaksakan "tiebreak" yang dimenangi Christo 7-4.

"Dari set pertama start saya kurang bagus, namun pada game-game akhir mulai menemukan percaya diri dan ritme permainan saya," ujar Christo usai pertandingan.

Selanjutnya Christo akan melawan petenis Malaysia Si Yew Ming.

Pada pertandingan lainnya, tunggal putra Indonesia Elbert Sie meraih kemenangan 6-0, 7-5 atas Niang Aung Kyaw dari Myanmar.

Ia selanjutnya bertemu Jeson Patroman dari Filipina yang menang 6-0, 6-1 atas Long Samneang dari Kamboja.

Adapun unggulan pertama Danai Udomchoke menjadi pemain pertama yang maju ke semifinal setelah mengalahkan Do Minh Quan 6-2, 6-1 dari Laos.(*)

F005/A008

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2011