Jakarta (ANTARA) - Petenis putra Indonesia Christhoper Rungkat berhasil memastikan diri melangkah ke babak kedua pada turnamen BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III.

Hal yang sama juga dicapai Muhammad Rifqi Fitriadi dalam pertandingan yang digelar di lapangan tenis hotel Sultan, Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan tertulis disebutkan bahwa kedua petenis yang menjadi andalan tim SEA Games Indonesia itu sukses mencatat kemenangan dua set langsung atas lawan-lawannya.

Christo yang merupakan pemain paling senior di jajaran pemain tuan rumah, berhasil memotivasi rekan rekannya usai memetik kemenangan perdananya.

Menghadapi wakil Thailand, Pruchya Isaro, petenis Indonesia berusia 33 tahun itu berhasil menumbangkan lawannya dua set langsung 6-4 dan 7-6 tiebreak 4.

Langkah Christo juga di ikuti Rifqi saat menghadapi Dev Prajwal dari India. Sempat absen di seri kedua BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K, Rifqi, yang berhasil mencapai final di seri pertama, sukses menumbangkan lawannya yang berperingkat lebih tinggi.

Kebugaran fisik dan strategi permainan yang taktis, pemuda kelahiran Banjarmasin itu menang dua set langsung 6-4, 6-1 untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Namun, langkah Christo dan Rifqi gagal diikuti tiga petenis tunggal Indonesia lainnya yang tampil dengan fasilitas wildcard.

David Agung Susanto, yang sehari sebelumnya bermain ekstra ketat di nomor ganda, harus mengundurkan diri akibat radang yang dialaminya, setelah di set pertama tertinggal 5-7.

Pada pertandingan lainnya, perjuangan perdana Nathan Barki di seri ketiga tersebut juga harus kandas saat bertemu juara seri kedua Leo Borg.

Meski tertinggal jauh dari segi peringkat, namun dengan seluruh kemampuan terbaiknya, petenis belia berusia 19 tahun itu harus mengakui ketangguhan lawannya 4-6, 1-6.

Nasib sama juga dialami Anthony Susanto saat menantang petenis Jepang Koki Matsuda. Adik kandung David Agung Susanto itu kalah dua set langsung dengan skor 3-6, 4-6.

Sementara itu di sektor ganda, tuan rumah Indonesia berpeluang menambah kekuatan amunisinya.

Setelah Christhoper Rungkat/Nathan Barki memastikan diri ke babak kedua BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K seri ketiga, Selasa, Justin Barki yang kembali berpasangan dengan pemain Belanda Igor Sijsling berjuang menghadapi pasangan Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro.

Namun, hujan membuat partai revance antar kedua ganda tersebut ditunda, Kamis, saat kedudukan 6-5 di set pertama untuk keunggulan Alcantara/Isaro.

Baca juga: Leo Borg juarai BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri II
Baca juga: Ray Ho/Sun Fajing juarai BNI-Medco Energi International Tennis seri II


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023