Los Angeles (ANTARA News) - Polisi telah menangkap 20 lebih demonstran anti-Wall Street, Kamis, ketika mereka membersihkan sebuah kamp kecil di bagian ramai Los Angeles, saat para demonstran West Coast bergabung untuk menandai peringatan dua bulan gerakan itu.

Penangkapan itu terjadi sehari setelah hampir 100 demonstran ditahan di San Francisco karena menduduki sebuah cabang Bank of America, dan ketika lebih dari 12 demonstran ditangkap di utara lagi di Portland, Oregon, lapor AFP.

Di LA, beberapa ratus demonstran telah berkumpul sebagai solidaritas dengan demonstrasi di tempat lainnya, khususnya di New York, untuk menandai dua bulan sejak gerakan itu dilancarkan.

Para pemrotes bernyanyi saat para demonstran duduk-duduk, yang membentuk lingkaran sekitar tiga tenda di sebuah persimpangan jalan penting, ditangkap satu demi satu, beberapa berjalan, yang lain diangkut.

Secara keseluruhan, menurut bagian kepolisian LA, 23 orang telah ditangkap pada sekitar tengah hari.

"Kami ingin publisitas positif, kami ingin orang tahu kebenaran, kami ingin kelas menengah akan kembali ke tempat kelas menengah," kata seorang demonstran berusia 20 tahun, saat operasi damai itu berlangsung.

"Kami ingin perusahaan besar dan kaya ber tanggung jawab," kata pemrotes itu, yang memperkenalkan dirinya sebagai anggota serikat, pada televisi KTLA.

Tenda-tenda dihiasi dengan slogan-slogan, termasuk "Kami 99 persen" dan "Pajak satu persen" kemudian diangkut juga, saat sejumlah besar polisi anti huru-hara berdiri menyaksikan tempat itu.

Di San Francisco, Rabu, polisi anti-kerusuhan menangkap 95 orang setelah mereka menduduki sebuah cabang Bank of America di distrik keuangan di California utara dan menolak pergi, kata polisi.

Ada bentrokan singkat di luar kantor cabang saat para pejabat yang menggunakan tongkat akan menahan demonstran lain jauh dari operasi untuk membersihkan bank itu, tapi tak ada orang yang terluka, kata San Francisco Chronicle.

Di Oregon, selusin lebih orang telah ditangkap, Kamis, sementara sekitar 400-500 demonstran berunjuk rasa untuk menandai peringatan dua bulan gerakan itu, kata televisi ABC yang berafiliasi dengan KATU

Polisi Portland menangkap 50 orang lebih pada akhir pekan saat mereka membersihkan dua kamp anti-Wall Street. (S008/AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011