Depok (ANTARA News) - Pelatih anggar Indonesia menurunkan Verdiana Rihandini untuk nomor beregu putri mengunakan senjata floret pada SEA Games XXVI di Balairung Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Jumat.

"Rencananya memang Verdiana diturunkan beregu demi memperkuat tim floret, " kata pelatih anggar Indonesia, Edi Suwarto, saat dihubungi Jumat pagi.

Dia mengatakan, Verdiana diperkuat rekannya Cut Risna Arita asal Aceh, Inca Mayasari (DKI Jakarta) dan Chintya Anreiny Pua (Sulut).

Atlet asal Mempawah, Kalimantan Barat itu diturunkan untuk penentuan beregu termasuk juga Chintya Anreiny Pua yang ketika bertanding nomor perorangan dapat diandalkan.

Dia mengatakan, verdiana dan Chintya Anreiny tidak boleh lagi mengulangi kekeliruan saat pertandingan floret perorangan dan harus tepat saat menyerang atau menangkis.

Selain itu, tim anggar Merah-Putih tidak boleh lenggah dengan serangan lawan serta harus mempertimbangkan waktu yang tersisa agar tidak terbuang percuma.

Diupayakan pada awal lawa awal atlet beregu dapat menambung poin dan teman lainnya berusaha menambah, bila tidak akan sulit bagi teman satu tim menyusul.

Mantan pelatih Malaysia itu mengatakan atlet lain jangan sampai ketinggalan poin terlalu jauh supaya rekan satu tim tidak kedodoran untuk mengejar ketinggalan dalam pertandingan.

Pertandingan cabang anggar diikuti tujuah negara yang terdiri dari Indonesia sebanyak 24 peanggar, Singapura (20), Malaysia (19), Brunai Darussalam (3), Vietnam (24), Thailand (24), dan Filipina (23).

Bahkan tim anggar Indonesia yang diturunkan untuk senjata floret putra masing-masing Sinatrio Raharjo (Jateng), Ricky Hafidz (Kaltim), Hendrawan Susanto (Sumsel) dan Aditya Baskara (DKI Jakarta), untuk floret putri yakni Verdiana Rihandini (Kalbar), Cut Risna Arita (Aceh), Inca Mayasari (DKI Jakarta) dan Chintya Anreiny Pua (Sulut).

Selain itu, untuk senjata degen putra masing-masing Budi Darmanto (Jabar), Muhammad Haerullah (Sulsel), Cucu Sundara (Jabar), Indra Jaya Kesuma (DKI Jakarta), degen putri yakni Isnawati Sir Idar (Sulsel), Dian Eka Pertiwi (Jabar), Dian Rahmawati (Sumut) dan Ikah Sarikah (Jabar).

Atlet lain yang diturunkan senjata sabel putra masing-masing Rully Mauliadhani (Sumsel), Idon Jaya Wiguna (Jabar), Hendri Eko Budianto (Sumsel) dan Jamaludin (Jatim), serta sabel putri yakni Diah Permatasari (Jatim), Maria Wauran (Jatim), Reni Anggraeni (Sumsel) dan Amelia Noerliyami (Jabar).

Namun sampai pertandingan hari kelima Kamis (17/11), peanggar Indonesia menyumbangkan satu medali emas, enam perak dan satu perunggu untuk Merah-Putih, emas diperoleh melalui nomor beregu sabel putri.
(U.A047)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011