Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Di tengah melesunya ekonomi AS dan Eropa, kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia semakin menarik menjadi tujuan investasi, kata seorang pengusaha ban asal Korea Selatan.

"Kondisi ekonomi ASEAN, terutama Indonesia, dan Asia pada umumnya lebih baik dari kawsan manapun di dunia. Karenanya kami berinvestasi di sini," kata Jae Bum Park dari Hankook Tire Co Ltd.

Untuk itu, ASEAN perlu segera menyiapkan ASEAN Single Window dan infrastruktur, katanya usai berbicara dalam sesi ASEAN-Korsel Forum Bisnis dan Investasi di Nusa Dua, Bali.

Wakil Presiden Divisi Pemasaran dan Penjualan Hankook Tire Co.Ltd untuk ASEAN dan India itu mengatakan, ASEAN harus meningkatkan kesiapan infrastruktur, mengubah kebijakan ekspornya, dan memperkuat ketersediaan sumberdaya manusia yang terampil serta sistem single window yang sama.

"Pemerintah Indonesia sudah membangun sistem single window dan memiliki banyak orang profesional di Badan Koordinasi Penanaman Modal. Hal ini harus juga ada di negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk menarik minat investor asing," ujarnya.

Ia memuji proses berusaha di Indonesia di mana dalam enam bulan perusahaannya sudah bisa merampungkan seluruh kontrak yang mendukung pelaksanaan pembangunan proyek mulai dari pembelian tanah sampai negosiasi dengan pemerintah.(*)

R013*F008/C004

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011